Johan Budi Dicopot dari Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga DPR, Diganti Dede Indra Permana

Kiswondari ยท Selasa, 01 November 2022 - 11:20:00 WIB
Johan Budi Dicopot dari Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga DPR, Diganti Dede Indra Permana
Fraksi PDIP di DPR resmi mencopot Johan Budi dari jabatan Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR. (Foto: dok DPR)

JAKARTA, iNews.id - Fraksi PDIP di DPR resmi mencopot Johan Budi dari jabatan Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR. Dia digantikan oleh Dede Indra Permana.

Pencopotan itu dikonfirmasi oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR Indra Iskandar. Dia menyebut pelantikan pimpinan BURT DPR dilakukan pada Selasa (1/11/2022) pagi ini.

"Iya Pak Johan Budi diganti Pak Dede Indra Permana," kata Indra, Selasa (1/11/2022).

Diketahui, Johan Budi dilantik sebagai Wakil Ketua BURT DPR pada 7 Februari 2022 lalu menggantikan Evita Nursanty. Sebelum penggantian ini, Johan Budi menjadi salah satu kader PDIP yang mendapatkan teguran keras dari Badan Kehormatan Partai PDIP karena menggagas Dewan Kolonel guna mendukung Puan Maharani sebagai kandidat calon presiden (capres).

Sebelumnya, Ketua DPP Bidang Kehormatan PDIP, Komarudin Watubun membenarkan partainya mengeluarkan peringatan kepada anggota Fraksi PDIP di DPR yang bergabung ke dalam dewan kolonel. Dia menjelaskan surat peringatan sudah ditandatangani Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto pada awal Oktober 2022.

"Benar. Kalau Sekjen menyampaikan kan berarti benar. Itu sejak tanggal 5 Oktober itu," kata Komarudin, Jumat (21/10/2022).

Dalam surat tersebut, kata dia, tidak semua diberikan teguran keras. Menurutnya, jika anggota fraksi tersebut hanya sekadar dicantumkan namanya ke dalam dewan kolonel maka dia tidak mendapatkan teguran keras.

"Yang ditegur itu yang sudah bicara, dipublikasikan di media, itu yang kita beri teguran," ujarnya.

Editor : Rizal Bomantama

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda