Johanis Tanak Usul Restorative Justice bagi Terduga Koruptor di Fit and Proper Test Capim KPK

Felldy Utama ยท Rabu, 28 September 2022 - 16:27:00 WIB
Johanis Tanak Usul Restorative Justice bagi Terduga Koruptor di Fit and Proper Test Capim KPK
Johanis Tanak kandidat pimpinan KPK pengganti Lili Pintauli Siregar. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Johanis Tanak mengusulkan restorative justice bagi terduga tindak pidana korupsi atau koruptor. Hal itu disampaikan dalam fit and proper test capim KPK di Komisi III DPR, Rabu (28/92/2022)

Johanis belum bisa memastikan apakah pemikirannya ini dapat diterima atau tidak oleh semua pihak. Dia berharap restorative justice bagi perkara tindak pidana korupsi ini bisa diterapkan.

"Karena menurut pemikiran saya, RJ (restorative justice) tidak hanya dapat dilakukan dalam perkara tindak pidana umum, termasuk juga dalam perkara tindak pidana khusus, itu dalam hal ini korupsi," kata Johanis dalam paparannya di fit and proper test.

Ia menyadari, meski dalam UU Tentang Tipikor restorative justice ini tak dikenal, tetapi upaya hukum tersebut bisa ditempuh dengan pembentukan peraturan perundang-undangan lainnya.

"Saya punya pemikiran pak, meskipun belum diatur dalam UU tentang pemberantasan tindak pidana korupsi, tetapi bisa diisi dengan suatu peraturan untuk mengisi kekosongan hukum dengan membuat mungkin dengan peraturan presiden," ujarnya.

Editor : Reza Fajri

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda