Jokowi dan Menteri Tak Pakai Masker saat Ratas Covid-19 Senin, Ini Kata Istana

Fahreza Rizky · Selasa, 04 Agustus 2020 - 12:43:00 WIB
Jokowi dan Menteri Tak Pakai Masker saat Ratas Covid-19 Senin, Ini Kata Istana
Presiden Jokowi saat memimpin Ratas di Istana Negara, Jakarta, Senin, 3 Agustus 2020. (Foto : Biro Pers)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (JOkowi) dan beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju terlihat tidak mengenakan masker dalam rapat terbatas pada Senin, 3 Agustus 2020 di Istana Merdeka, Jakarta. Ratas tersebut beragendakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Dalam foto yang diambil Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Jokowi terlihat tidak mengenakan masker saat sedang berbicara. Kemudian, menteri yang duduk di hadapannya pun tidak mengenakan masker, antara lain Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, dan Menko Polhukam Mahfud MD. Sedangkan Wapres Ma'ruf Amin dan jajaran menteri lainnya tampak mengenakan masker.

Merespons itu, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan, Jokowi dan menterinya menggunakan masker. Hanya saja, mereka membuka dan menutup maskernya saat sedang berbicara.

"Buka tutup masker," ucapnya kepada wartawan, Selasa (4/8/2020).

Heru juga menjelaskan di meja rapat tersebut sudah ada pembatas berupa kaca akrilik. Dengan benda tersebut diharapkan bisa mencegah droplet.

"Sudah ada kaca akrilik," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi ingin aspek yang ada di dalam protokol kesehatan dikampanyekan satu persatu. Semisal pada dua pekan pertama menyosialisasikan penggunaan masker, lalu pada pekan berikutnya jaga jarak dan cuci tangan.

Menurut Jokowi, mengampanyekan satu persatu aspek protokol kesehatan sangat penting agar masyarakat, khususnya yang berada pada lapis bawah, memahami betul esensi dari program mitigasi itu.

"Saya ingin fokus saja mungkin dalam dua Minggu ini kita fokus kampanye pakai masker," ucapnya dalam rapat terbatas Penanganan Covid-19 di Istana Merdeka, Senin 3 Agustus 2020.

Editor : Djibril Muhammad