Jokowi Jelaskan Persebaran 105.000 APD ke Daerah Terdampak Corona

Felldy Utama ยท Selasa, 24 Maret 2020 - 18:03 WIB
Jokowi Jelaskan Persebaran 105.000 APD ke Daerah Terdampak Corona

Presiden Jokowi menyampaikan pernyataan mengenai penanganan virus korona di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/3/2020). (Foto: Kemenag).

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah telah mendistribusikan 105.000 alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis yang menangani pasien virus corona. Presiden Joko Widodo mengatakan 105.000 APD telah didistribusikan ke sejumlah daerah yang paling parah terpapar corona.

Beberapa daerah yang sudah dikirimi APD antara lain Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Bali, dan beberapa daerah lainnya. Daerah yang paling banyak menerima APD adalah Jakarta sebagai episentrum wabah corona.

"Ada 105.000 APD yang sudah didistribusikan. Sebanyak 40.000 dikirim ke Jakarta, Jabar 15.000, Jateng 10.000, Jatim 10.000, Yogyakarta 1.000, Bali 4.000, dan lain-lain," kata Jokowi dalam konferensi pers Selasa (24/3/2020).

Jokowi mengatakan seluruh daerah target pendistribusian telah menerima alat-alat tersebut. Mantan Wali Kota Solo itu pun memerintahkan kepada dinas kesehatan setempat untuk segera mendistribusikan ke fasilitas kesehatan yang menjadi rujukan penanganan pasien corona secepatnya.

"Saya ingin dinkes segera distribusikan secepat-cepatnya," kata Jokowi.

Sebelumnya 12 ton APD diangkut dari Shanghai, China menggunakan Pesawat TNI AU C-130 Hercules dan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Senin (23/3/2020). Alat kesehatan yang didatangkan antara lain berupa alat perlindungan diri seperti kaca mata, tutup kepala, dan tutup sepatu.

Bantuan itu diterima langsung Menhan Prabowo Subianto dan segera diserahkan kepada Ketua Gugus Tugas percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo. Prabowo mengatakan dirinya berkomunikasi dengan Menhan China yang menawarkan bantuan APD bagi Indonesia dalam upaya penanganan virus corona.

Prabowo menyebut tawaran bantuan dari China itu merupakan wujud kerja sama internasional. Ketua Umum Partai Gerindra itu menyambut baik tawaran bantuan dari China yang sudah berpengalaman menghadapi gelombang penyebaran virus corona.

"Saya sudah komunikasi langsung dengan Menhan China dan dia menanyakan kebutuhan kita apa saja. Saya sudah kirim daftar, kita tunggu nanti dipenuhi atau tidak," kata Prabowo di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (23/3/2020).

Dia menyebut sejumlah alat kesehatan yang masih dibutuhkan Indonesia antara lain ventilator atau alat bantu pernapasan, rapid test kit, alat tes lengkap, dan alat perlindungan diri.

Editor : Rizal Bomantama