Jokowi ke Ukraina-Rusia Bawa Misi Strategis, Ketum Ansor Ajak Rakyat Doakan Perdamaian

Abdul Hakim ยท Rabu, 29 Juni 2022 - 20:29:00 WIB
Jokowi ke Ukraina-Rusia Bawa Misi Strategis, Ketum Ansor Ajak Rakyat Doakan Perdamaian
Presiden Jokowi saat kunjungan kerja ke Ukraina. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Ukraina dan Rusia dinilai memiliki misi yang sangat strategis. Kunjungan tersebut bukan sekadar kegiatan kenegaraan biasa, namun bagian mendamaikan dua wilayah yang saat ini tengah terlibat perang. 

“Terlalu kecil kalau kita memaknai misi ini sebagai pencitraan atau gagah-gagahan. Misi ini justru sangat strategis dalam membangun perdamaian antara Ukraina dan Rusia,” kata Ketua Umum (Ketum) Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Qoumas, Rabu (29/6/2022). 

Dia optimistis, rencana Presiden Jokowi bertemu langsung dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam beberapa hari ke depan bisa terwujud. 

Meski dalam situasi belum aman, peluang untuk bertemu langsung cukup besar karena Indonesia memiliki hubungan yang baik dengan dua negara tersebut. Selain itu, Jokowi sejatinya juga sudah beberapa kali berkomunikasi dengan kedua pemimpin pemerintahan tersebut secara tak langsung. 

Gus Yaqut, demikian panggilan akrabnya, berharap, misi besar Presiden Jokowi ini bisa berjalan sesuai dengan rencana. GP Ansor juga mengajak seluruh warga Indonesia untuk mendoakan agar proses-proses menuju perdamaian yang dirintis Jokowi tidak menghadapi kendala yang besar. 

“Termasuk soal keamanan, saya mengajak masyarakat bersama-sama mendoakan demi keselamatan rombongan Pak Presiden dan pertemuan itu memuarakan hasil yang positif,” kata Gus Yaqut.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda