Jokowi: Kehadiran Personel Polri Sangat Dibutuhkan di Masa Pandemi Covid-19

Irfan Ma'ruf ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 10:46 WIB
Jokowi: Kehadiran Personel Polri Sangat Dibutuhkan di Masa Pandemi Covid-19

Presiden Jokowi. (Foto: Humas Setkab)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo meminta seluruh personel Polri untuk terus terlibat aktif dalam pengendalian dan penanganan covid-19 yang melanda Indonesia sesuai kewenangannya. Salah satunya memastikan masyarakat melaksanakan protokol kesehatan dan menjaga keamanan serta kertertiban dari oknum tidak bertanggung jawab yang ingin memanfaatkan kondisi ini.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menjadi inspektur upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-74 yang diselenggarakan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (1/7/2020). Upacara itu diikuti jajaran Mabes Polri, 34 Polda, dan 493 Polres secara virtual.

"Dalam situasi sekarang kehadiran personel Polri sangat dibutuhkan, mulai dari Mabes, Polda, Polres, Polsek hingga Babinkantimnas harus aktif mengajak masyarakat menerapkan protokol kesehatan," kata Jokowi.

Dia juga berharap Polri terus mengawal distribusi bahan pokok secara nasional demi mencukupi kebutuhan seluruh masyarakat Indonesia di masa pandemi. Polri juga diminta tetap memastikan keamanan nasional terjaga dengan baik selama pandemi covid-19.

"Keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi, lakukan tugas kemanusiaan ini tetap humanis namun tetap waspada dalam menegakan hukum," ucapnya.

Lebih lanjut, Jokowi meminta kepada Polri, Kejaksaan Agung, dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar meningkatkan sinergi dalam mengawasi dana penanganan covid-19 yang mencapai lebih dari Rp600 triliun. Menurutnya Polri bisa berperan agar dana bantuan disalurkan secara tepat sasaran.

"Pelaksanaan program covid-19 ini dibantu percepatannya dan diawasi agar tidak dikorupsi. Aspek pencegahan harus dikedepankan, jangan menunggu sampai masalah terjadi," ujar Jokowi.

Editor : Rizal Bomantama