Jokowi Minta Kebijakan Nasional dan Daerah Harus Sensitif terhadap Kerawanan Bencana

Fahreza Rizky · Kamis, 29 Juli 2021 - 11:41:00 WIB
Jokowi Minta Kebijakan Nasional dan Daerah Harus Sensitif terhadap Kerawanan Bencana
Presiden Jokowi menegaskan peringatan dari BMKG harus menjadi rujukan dalam pengambilan keputusan oleh pemerintah di berbagai sektor khususnya terkait bencana. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan peringatan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) harus menjadi rujukan dalam pengambilan keputusan oleh pemerintah di berbagai sektor khususnya terkait bencana. Oleh sebab itu Jokowi meminta pemerintah pusat maupun daerah selalu melibatkan lembaga yang berkaitan dengan bencana dalam pengambilan kebijakan.

"Peringatan BMKG harus bisa dan harus digunakan sebagai rujukan dalam pengambilan keputusan pemerintah di berbagai sektor," katanya saat membuka Rakorbangnas BMKG 2021 secara virtual, Kamis (29/7/2021).

Jokowi berujar, informasi dari BMKG seperti kekeringan, cuaca ekstrem, gempa, dan kualitas udara harus menjadi perhatian serta acuan bagi berbagai sektor dalam merancang kebijakan dan pembangunan. 

"Sekali lagi, kebijakan nasional dan daerah harus betul betul sensitif dan antisipatif terhadap kerawanan bencana," ucapnya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2