Jokowi Minta Mahasiswa Tak Hanya Belajar di Kampus, tapi Juga di Masyarakat

Dita Angga ยท Selasa, 15 Juni 2021 - 14:48:00 WIB
Jokowi Minta Mahasiswa Tak Hanya Belajar di Kampus, tapi Juga di Masyarakat
Presiden Jokowi mengatakan mahasiswa bisa belajar di tempat lain. (Foto ist).

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta mahasiswa harus belajar kepada siapa saja. Mereka juga bisa di masyarakat dan bukan hanya belajar kepada dosen.

“Belajar dimana saja, bukan hanya di kampus. Tetapi juga bisa di masyarakat, bisa di industri dan di tempat-tempat lain,” kata Jokowi dalam festival kampus merdeka, Selasa (15/6/2021).

Jokowi mengatakan pola pikir yang harus dimiliki untuk mewujudkan SDM yang unggul tidak semua hal terpusat di kampus. Dia mengatakan ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru ada dimana-mana, bukan hanya di kampus.

“Bukan hanya di kampus saja, tetapi juga di industri. Kearifan itu bukan hanya ada di kampus, tetapi juga ada di masyarakat. Jadi jangan hanya belajar di kampus, kita juga bisa terjadi di masyarakat,” katanya.

Jokowi juga menyebut bahwa bahan ajar bagi mahasiswa itu bukan hanya di buku tapi juga praktik di lapangan. Lalu dia juga menilai karya mahasiswa itu bukan hanya karya akademik saja.

“Tetapi juga karya- karya berupa teknologi yang solutif bagi masyarakat, karya kewirausahaan sosial yang memecahkan masalah-masalah sosial,” ujarnya.

Dia menyebut untuk memiliki pola pikir itu pelaksanaannya memerlukan dukungan dari semuanya pihal. Misalnya saja kampus harus memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar kepada siapa saja, tentang apa saja.

“Harus cukup banyak porsi SKS untuk belajar diluar kampus,” ungkapnya.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2