Jokowi: Quick Count 12 Lembaga Survei Jokowi-Ma'ruf Menang 54,5 Persen

Ilma De Sabrini ยท Kamis, 18 April 2019 - 17:34 WIB
Jokowi: Quick Count 12 Lembaga Survei Jokowi-Ma'ruf Menang 54,5 Persen

Capres 01 Jokowi didampingi cawapres Ma'ruf Amin dan elite parpol koalisi memberikan keterangan pers di Menteng, Jakarta, Kamis (18/4/2019). (Foto: iNews.id/Ilma de Sabrini).

JAKARTA, iNews.id, - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo menyebut hasil hitung (quick count) cepat 12 lembaga survei menyatakan kemenangan pasangan Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019. Kendati demikian, kubu 01 tetap menunggu penghitungan resmi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Jokowi menuturkan, hitung cepat lembaga survei memberikan angka yang sangat jelas, yakni Jokowi-Maruf unggul dibandingkan Prabowo-Sandiaga.

Pada pernyataan pers seusai pemungutan suara pada Rabu (17/4/2019), Jokowi mengaku tidak menyebut angka kemenangan 01 karena data masuk di quick count masih di bawah 70 persen.

"Tetapi hari ini karena sudah mencapai 100 persen, kami menyampaikan bahwa hasil quick count 12 lembaga survei, menyatakan Jokowi dan Maruf Amin mendapatkan persentase 54,5 persen dan Prabowo-Sandi mendapatkan 45,5 persen," ujar Jokowi seusai menggelar pertemuan dengan elite parpol koalisi di Menteng, Jakarta, Kamis (18/4/2019).

Jokowi mengatakan, quick count merupakan cara penghitungan secara ilmiah yang dari pengalaman-pengalaman pemilu sebelumnya, akurasi mencapai 99 persen atau hampir sama dengan penghitungan real count.

Kendati demikian, pihaknya akan terus menanti penghitungan suara resmi. ”Kita tunggu penghitungan resmi dari KPU, yang kita harapkan secepatnya bisa diselesaikan," kata Jokowi.

Pertemuan dihadiri cawapres Ma'ruf Amin dan sejumlah ketua umum serta sekjen parpol koalisi antara lain Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Sekjen Partai Perindo Ahmad Rofiq.

Dalam kesempatan itu Jokowi juga mengaku telah menerima ucapan selamat dari Presiden Turki Recep Tayip Erdogan dan PM Malaysia Mahathir Mohammad terkait penyelenggaraan Pemilu 2019 yang berjalan lancar dan damai.

Editor : Zen Teguh