Jokowi: Saatnya Kita Bajak Momentum Krisis Covid-19 untuk Lompatan Besar

Dita Angga ยท Jumat, 14 Agustus 2020 - 10:15 WIB
Jokowi: Saatnya Kita Bajak Momentum Krisis Covid-19 untuk Lompatan Besar

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk membajak momentum krisis yang diakibatkan pandemi virus corona (Covid-19). Ajakan itu disampaikan dalam pidato pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD dalam rangka HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Saatnya kita bajak momentum krisis untuk melakukan lompatan-lompatan besar," ujarnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020).

Pada usia ke-75 tahun ini, Jokowi memaparkan, Indonesia telah menjadi negara Upper Middle Income Country. "25 tahun lagi, pada usia seabad Republik Indonesia, kita harus mencapai kemajuan yang besar, menjadikan Indonesia Negara Maju," katanya.

Saat ini, menurut Jokowi, ekonomi semua negara terdampak. Dia menganologikan ekonomi saat ini seperti komputer yang sedang macet.

"Ibarat komputer, perekonomian semua negara saat ini sedang macet, sedang hang. Semua negara harus menjalani proses mati komputer sesaat, harus melakukan re-start, harus melakukan re-booting," tuturnya.

Jokowi mengapresiasi seruan dari tokoh masyarakat dan tokoh agama dalam menghadapi pandemi ini, Dia berharap melalui pandemi, bisa membuat lompatan besar.

"Semua negara mempunyai kesempatan men-setting ulang semua sistemnya," ucap mantan gubernur DKI Jakarta ini.

Selain itu Jokowi mengingatkan agar ada strategi besar di bidang hukum, sosial, pemerintahan dan ekononi. "Strategi besar di bidang ekonomi, hukum, pemerintahan, sosial, kebudayaan, termasuk kesehatan dan pendidikan," katanya.

Editor : Djibril Muhammad