Jokowi: Terima Kasih untuk Semua Perjuangan Ibu

Rizki Maulana ยท Rabu, 25 Maret 2020 - 19:41 WIB
Jokowi: Terima Kasih untuk Semua Perjuangan Ibu

Ibunda Presiden Jokowi Sujiatmi Notomiharjo. (Foto: Antara/Widodo S Jusuf).

JAKARTA, iNews.id - Ibunda Presiden Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo, wafat di RST Slamet Riyadi Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu (25/3/2020) pukul 16.45 WIB. Sujiatmi berpulang dalam usia 77 tahun.

Presiden Jokowi langsung terbang ke Solo begitu mendapatkan kabar duka tersebut. Kepala Negara segera menuju rumah sakit.

Saat ini jenazah telah dibawa ke rumah duka di Jalan Pleret Raya No 9 A Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Surakarta. Juru Bicara Kepresidenan Fadjroel Rachman mengatakan, informasi tentang pemakaman nanti akan disampaikan keluarga.

Sujiatmi lahir lahir pada 15 Februari 1943. Dia merupakan anak dari keluarga pengusaha kayu. Dalam perjalanannya dia kemudian menikah dengan Widjiatno Notomihardjo, juga pedagang kayu dari Solo.

Dalam banyak kesempatan, Presiden Jokowi mengunggah momen dirinya sungkem dengan sang Ibunda. Pada Hari Ibu 22 Desember 2018, Jokowi kebetulan tidak dapat pulang ke Solo.

Melalui unggahan di akun Instagram, mantan Wali Kota Solo itu mengunggah video pendek tentang Sang Ibunda. Jokowi menyampaikan permohonan maafnya saat itu.

“Ibu, mohon maaf saya tidak bisa sowan dan sungkem di Hari Ibu ini,” kata Jokowi, dikutip Rabu (25/3/2020). “Saya ingin mengucapkan terima kasih untuk semua perjuangan Ibu,” ucapnya.

Jokowi mengingat Sang Ibunda tak pernah lelah memberikan semangat untuknya. Sujiatmi terus mendorongnya agar selalu optimistis dan bersekolah di mana saja.

Bahkan, ketika usahanya bangkrut, Ibunda juga terus menyemangati agar terus berikhtiar. “Ibu menguatkan dengan senyum yang sangat ikhlas,” tutur Jokowi.

Editor : Zen Teguh