Jokowi: Yang Dilarang itu Mudik, Bukan Transportasinya

Felldy Utama ยท Senin, 18 Mei 2020 - 12:50 WIB
Jokowi: Yang Dilarang itu Mudik, Bukan Transportasinya

Presiden Joko Widodo. (Foto: Sekretariat Kabinet).

JAKARTA, iNews.id – Presiden Joko Widodo menekankan pemerintah melarang warga untuk mudik di tengah pandemi Covid-19. Kendati demikian, kebijakan tersebut bukan berarti melarang transportasi umum beroperasi.

“Yang perlu diingat bahwa kita larang itu mudik, bukan transportasinya,” kata Jokowi dalam pengantar rapat terbatas (ratas) melalui video conference di Jakarta, Senin (18/5/2020).

Jokowi menegaskan, transportasi umum diperbolehkan untuk beroperasi karena hal-hal yang masuk ke dalam pengecualian, seperti mengantar logistik, pemerintahan, pelayanan kesehatan, dan pekerja migran.

Mantan gubernur DKI Jakarta ini mengingatkan, transportasi sebagaimana diatur tersebut boleh beroperasi, namun tetap dengan protokol kesehatan yang ketat.

Berkaitan dengan Idul Fitri, Jokowi menyebut dalam dua pekan ke depan, fokus pemerintah yaitu menahan kegiatan mudik oleh masyarakat dan mengendalikan arus balik setelah Lebaran.

“Oleh sebab itu, saya minta ke Kapolri, dibantu Panglima TNI untuk memastikan larangan mudik ini berjalan efektif di lapangan,” ucapnya.

Editor : Zen Teguh