Kala Mahfud MD Kembali ke Papua

Riezky Maulana ยท Senin, 27 Juli 2020 - 15:39:00 WIB
Kala Mahfud MD Kembali ke Papua
Menko Polhukam Mahfud MD dan Mendagri Tito Karnavian saat berkunjung ke Provinsi Papua pada Rabu (22/7/2020). (Foto: Kemenko Polhukam).

JAKARTA, iNews.id - Tak sampai dua bulan setelah dilantik sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD melaksanakan kunjungan kerja ke Provinsi Papua, tepatnya pada 30 November-2 Desember 2019. Ini kunjungan kerja pertama Mahfud setelah dipercaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin kementerian koordinator yang selama ini dijabat oleh jenderal bintang empat tersebut.

Bersamaan dengan momen itu, Panglima TNI dan Kapolri juga berkunjung ke Bumi Cenderawasih, namun dengan misi berbeda. Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, sebagaimana penjelasan Kodam XVII Cenderawasih, ke Papua untuk kegiatan bakti sosial dan mengunjungi pasukan TNI dan Polri.

Sementara Mahfud MD ke Papua untuk berdialog dan mendengar masukan dari tokoh-tokoh Papua. Media meliput secara luas kehadiran mereka karena bertepatan dengan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang diperingati setiap 1 Desember.

Dialog Mahfud di sesi pagi dengan tokoh adat dan tokoh masyarakat, serta di siang hari dengan tokoh pemuda dan aktivis mahasiswa berlangsung baik dan konstruktif. Sesi tanya jawab tidak dibatasi isinya, bertanya apapun boleh, sepanjang terkait Papua. Peserta tampil aktif. Menko Polhukam setelah memberikan arahan dan pesan Presiden Jokowi, lebih banyak mendengar dan mencatat.

Sebagian besar berupa masukan, kritik maupun pujian pada pemerintah pusat dan ungkapan kekecewaan terhadap pemerintah daerah. Dua hal yang dominan muncul dalam dialog tersebut yakni pandangan terhadap kiprah Satuan Tugas (Satgas) TNI di Papua dan implementasi Otonomi Khusus (Otsus) Papua yang dinilai tidak maksimal.

Mahfud saat itu mengatakan bakal membawa masukan tersebut ke Jakarta, melaporkan kepada Presiden dan membahasnya bersama kolega, terutama para pejabat di bawah koordinasi Kemenko Polhukam. Tak lupa Menteri Pertahanan era Presiden Gus Dur itu berjanji akan kembali ke Papua untuk jangka waktu yang tidak lama.

Benar saja, janji itu ditepati Mahfud MD pekan lalu. Menko Polhukam tiba di Timika, Papua, Kamis (23/7/2020) dan langsung menggelar dialog. Berbeda pada kunjungan pertama, agar penanganan Papua dilakukan komprehensif, dialog tentu tidak melulu dengan masyarakat sipil. Agenda pertama Mahfud MD pada kunker kali ini yaitu berdialog dengan para tokoh penting dari Satgas Operasi di Papua. Mereka yakni para perwira TNI, Polri, dan Badan Intelijen Negara (BIN).

Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2 3