Kaleidoskop Inews 2021

Kaleidoskop 2021, KKB Papua Dicap Teroris, TNI Gunakan Pendekatan Tanpa Perang

Faieq Hidayat ยท Rabu, 29 Desember 2021 - 15:38:00 WIB
Kaleidoskop 2021, KKB Papua Dicap Teroris, TNI Gunakan Pendekatan Tanpa Perang
Ilustrasi kelompok kriminal bersenjata (KKB) teroris di Papua. (Foto iNews.id).

JAKARTA,  iNews.id - Kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua masuk kategori teroris. Pasalnya mereka melakukan kekerasan dan pembunuhan secara brutal. 

Sepanjang tahun 2021, mereka melakukan 92 aksi teror yang mengakibatkan puluhan korban dari personel TNI, Polri dan masyarakat sipil.  Anggota TNI yang gugur sebanyak 11 orang dan 19 orang luka, anggota Polri empat orang dan tiga orang luka, serta masyarakat meninggal dunia sebanyak 19 orang dan luka 11 orang. 

Sedangkan 27 orang anggota KKB Papua kembali ke pangkuan NKRI. 

Adapun titik sasaran mereka Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Intan Jaya, Kabupaten Puncak dan Kabupaten Nduga.

Menko Polhukam Mahfud MD. (Foto: Youtube Kemenko Polhukam)
Menko Polhukam Mahfud MD. (Foto: Youtube Kemenko Polhukam)

Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan KKB Papua kategori teroris sesuai sesuai Undang-undang Nomor 5 Tahun 2018 tentang pemberantasan tindakan terorisme. Dalam UU tersebut, terorisme adalah perbuatan yang melakukan kekerasan yang menimbulkan rasa teror.

"Terorisme adalah perbuatan yang menggunakan kekerasan atau ancaman kekerasan yang menimbulkan suasana teror atau rasa takut secara meluas, yang dapat menimbulkan korban yang bersifat massal, dan/atau menimbulkan kerusakan
atau kehancuran terhadap objek vital yang strategis, Iingkungan hidup, fasilitas publik, atau fasilitas internasional dengan motif ideologi, politik, atau gangguan keamanan," kata dia kepada wartawan, Kamis (29/4/2021).

Editor : Faieq Hidayat

Bagikan Artikel: