Kapal Selam Alugoro 405 Diterima TNI AL, Kekuatan Militer Indonesia Dinilai Mumpuni

Irfan Ma'ruf ยท Senin, 22 Maret 2021 - 06:53:00 WIB
Kapal Selam Alugoro 405 Diterima TNI AL, Kekuatan Militer Indonesia Dinilai Mumpuni
Kapal Selam Alugoro (Foto: PT PAL)

JAKARTA, iNews.id - Indonesia berhasil membuat kapal selam Alugoro-405. Kapal Selam itu sudah diserahkan ke TNI Angkatan Laut (AL). 

Pengamat militer dan intelijen yang juga dosen Universitas Pertahanan (Unhan) Susaningtyas Kertopati (Nuning) mengatakan kekuatan militer Indonesia akan lebih mumpuni. Indonesia dinilai sebagai salah satu negara di Asia dengan alutsista yang lengkap.

"Kapal Selam tersebut sangat cocok beroperasi di laut yang memiliki karakteristik dangkal, dalam dan salinitas yang tinggi seperti perairan Indonesia. Persenjataan kapal selam juga dinilai mampu menghadapi teknologi kapal-kapal Tempur permukaan dan kapal Selam tipe lainnya yang dimiliki negara-negara di kawasan Asia," ujarnya, Senin (22/3/2021).

Nuning mengatakan kebutuhan alutsista modern sangat dibutuhkan Indonesia. Kapal.selam Alugoro dinilai bisa memenuhi kebutuhan itu.

"Formasi Tempur peperangan kapal Selam modern memang menuntut kapasitas kapal selam yang mampu beroperasi dalam kurun waktu yang lama baik secara mandiri maupun secara bersama," katanya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda