Kapolda Papua: KKB Tak Hanya Menembaki TNI-Polri tapi juga Aniaya Warga

Riezky Maulana ยท Selasa, 28 Januari 2020 - 12:16 WIB
Kapolda Papua: KKB Tak Hanya Menembaki TNI-Polri tapi juga Aniaya Warga

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw

JAKARTA, iNews.id - Polda Papua sedang mendalami kasus kontak senjata yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dengan tim gabungan TNI/Polri di Kampung Jupara, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Minggu, 26 Januari 2020. Pendalaman dilakukan karena KKB turut menganiaya masyarakat yang tinggal dekat di sekitar lokasi.

"Iya, ini sedang kita dalami, karena kan mereka juga menganiaya masyarakat sipil ya," ujar Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw usai mengikuti Rapat Pimpinan (rapim) TNI-Polri di Markas besar TNI, Cilangkap, Jakarta, Selasa (28/1/2020).

BACA JUGA: Tim Gabungan TNI-Polri Tembak Mati 2 Anggota KKB saat Kontak Senjata di Intan Jaya

Namun, dia tak menjelaskan maksud penganiayaan yang dilakukan KKB. Saat ini, menurut Paulus, Polda Papua sesang fokus mengevakuasi warga dan para pekerja di sana. Kondisi geografis yang sulit dijangkau serta terbatasnya sinyal komunikasi, dia mengungkapkan, menjadi salah satu hambatan dalam evakuasi.

"Ada pekerja di perusahaan itu, kita sedang evakuasi, nanti kepastiannya akan saya berikan laporan setelah evakuasi. Lokasinya jauh dari ibu kota Paniai ke Sugapa itu agak jauh, kecamatannya terpencil dan tidak ada hubungan komunikasi. Kami akan tangani terus," tuturnya

Paulus mengatakan, Polda Papua juga telah mengidentifikasi siapa KKB tersebut. Dia menyebut, KKB pimpinan Legakak Talenggeng bertanggung jawab atas kejadian tersebut.

Sebelumnya dilaporkan satu anggota KKB tewas dalam kontak tembak dengan tim gabungan TNI/Polri di Kampung Jupara, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya. Setelah kejadian kontak tembak, Polda Papua bergerak cepat dengan segera mengamankan anggota KKB pimpinan Lekagak Talenggeng. Penangkapan terjadi pada Minggu, 26 Januari 2020 pukul 12.08 WIT.

Selain itu, walaupun terjadi kontak tembak, Paulus menyatakan secara keseluruhan situasi di wilayah itu relatif kondusif. "Anggota diminta untuk selalu waspada," katanya.

Polda Papua mencatat sebanyak 23 kejadian kontak senjata dengan KKB yang terjadi di Polres Puncak Jaya, Jayawijaya, Mimika dan Polres Paniai selama 2019. Dalam peristiwa itu, 10 anggota TNI-Polri gugur dan 10 warga sipil tewas akibat diserang KKB.

Editor : Djibril Muhammad