Kapolri Akan Bangun 84 Polsek Baru

Irfan Ma'ruf ยท Senin, 26 April 2021 - 19:37:00 WIB
Kapolri Akan Bangun 84 Polsek Baru
Kepolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Div Humas Polri)

JAKARTA, iNews.id - Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo akan membangun 84 Polsek baru yang tersebar di 23 Polda. Polsek dibentuk untuk meningkatkan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas). 

Penanggung jawab 01 Program Prioritas Kapolri, Irjen Pol RZ Panca Putra mengatakan, program unggulan Kapolri salah satunya pemenuhan satu kecamatan satu Polsek secara bertahap. Kemudian mengubah kewenangan Polsek pada daerah tertentu hanya untuk Harkamtibmas atau tidak melakukan penyidikan.

Panca menyebut, aksi ini telah terealisasi dari program unggulan ini dalam 60 hari. Bahwa telah ada keputusan dari 23 Polda untuk membentuk 84 Polsek.

“Pak Kapolri telah menerima surat laporan dari 23 Polda dimaksud,” kata Panca dalam keterangan tertulis Senin (26/4/2021). 

Lebih rinci Panca menerangkan, bahwa wilayah hukum penambahan Polsek tersebut di antaranya Lampung 12 Polsek, Sulawesi Tenggara 9 Polsek, kemudian Jawa Barat dan Jawa Timur yang masing-masing 7 Polsek. 

Selain empat daerah tersebut, Panca menyebut pendirian Polsek lain yang akan dibangun di berbagai wilayah hukum di angka 5 sampai dengan 1 unit Polsek. 

"Dengan bakal dibentuknya 84 polsek baru sebagai capaian aksi unggulan Kapolri soal penataan organisasi, maka diharapkan akan memberikan dampak yang langsung berpengaruh terhadap pelayanan Polri kepada masyarakat,” katanya.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2