Kapolri Idham Azis Kembali Rombak Pejabat Divisi Hubinter

Irfan Ma'ruf · Selasa, 04 Agustus 2020 - 18:30:00 WIB
Kapolri Idham Azis Kembali Rombak Pejabat Divisi Hubinter
Kapolri Jenderal Pol Idham Azis memutasi 502 perwira di awal Agustus 2020. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Kapolri Jenderal Pol Idham Azis kembali merombak pejabat Divisi Hubungan Internasional (Div Hubinter) Polri. Perombakan sebelumnya juga dilakukan setelah terbongkar kasus pelarian Djoko Tjandra.

Kali ini pejabat yang diganti yaitu Kombes Pol Adang Ginanjar. Kendati demikian, dia tetap berkantor di divisi tersebut. Adang dipromosikan dari Kabagrenmin Div Hubinter sebagai Kabagkonvinter Sekretariat NCB Interpol Indonesia Div Hubinter.

Adang menggantikan Kombes Pol Aby Nursetyanto yang sebelumnya dicopot bersamaan dengan Kadiv Hubinter Irjen Pol Napoleon Bonarparte dan Sekretaris NCB Interpol Indonesia Div Hubinter Polri Brigjen Pol Nugroho Slamet Wibowo.

Tiga perwira ini dimutasi setelah Polri menggelar penyelidikan atas pelarian buron kasus korupsi cessie Bank Bali Djoko Tjandra. Dari investigasi tersebut didapakan nama Djoko menghilang dari red notice interpol Polri.

Posisi yang ditinggalkan Adang kini dipercayakan kepada Kombes Pol Muhammad Kurniawan yang saat ini masih menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Pidnarkoba Bareskrim Polri.

Pergantian para pejabat Div Hubinter merupakan bagian dari mutasi besar-besaran yang dilakukan Kapolri terhadap perwira tinggi dan perwira menengah Polri di awal Agustus ini. Melalui enam telegram, Kapolri memutasi 502 pejabat Korps Bhayangkara.

Enam telegram tersebut yakni Nomor: ST/2245/VIII/KEP./2020, ST/2246/VIII/KEP./2020, ST/2247/VIII/KEP./2020, ST/2248/VIII/KEP./2020, ST/2249/VIII/KEP./2020, dan ST/2250/VIII/KEP./2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri. Telegram tertanggal 3 Agustus 2020 itu diteken Asisten SDM Polri Irjen Pol Yudi Sutrino Hermawan.

“Mutasi jabatan merupakan hal alami di Polri, sebagai bagian tour of duty dan tour of area,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono, Selasa (3/8/2020).

Editor : Zen Teguh