Kapolri Mutasi 86 Perwira, Kapolda Sumsel dan Direktur Bareskrim Diganti

Irfan Ma'ruf ยท Jumat, 21 Juni 2019 - 13:59 WIB
Kapolri Mutasi 86 Perwira, Kapolda Sumsel dan Direktur Bareskrim Diganti

Deputi Penindakan KPK Irjen Pol Firli (kiri) dipromosikan sebagai Kapolda Sumsel berdasarkan surat mutasi Kapolri tertanggal 20 Juni 2019. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id, - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian melakukan mutasi dan rotasi jabatan terhadap 86 perwira tinggi dan menengah Polri. Salah satu yang dimutasi yakni Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Irjen Pol Firli menjadi Kapolda Sumatera Selatan.

Mutasi dan rotasi jabatan 86 perwira Polri tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/1590/VI/KEP/2019 dan Surat Telegram Kapolri Nomor ST/1591/VI/KEP/2019 tertanggal 20 Mei 2019 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, mutasi dan rotasi jabatan dalam rangka tour of duty dan pembinaan karier personel.

”Irjen Pol Firli ditarik dari KPK untuk ditempatkan dalam jabatan baru sebagai Kapolda Sumsel,” kata Dedi di Mabes Polri, Jumat (21/6/2019).

Pati Polri yang juga berganti jabatan antara lain Irjen Pol Muhamad Chairul Noor Alamsyah dari Kakorpolairud Baharkam Polri menjadi Analis Kebijakan Utama bidang Polair Baharkam Polri.

BACA JUGA: Irjen Pol Firli Ditarik, Brigjen Pol Panca Plt Deputi Penindakan KPK

Kemudian, Brigjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho dari Dirtipideksus Bareskrim Polri dimutasi sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

Sebagai pengganti Heriyanto Adi ditunjuk Brigjen Pol Tornagogo Sihombing yang saat ini menjabat Karowassidik Bareskrim Polri. Dengan mutasi ini Tornagogo akan memimpin Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Papua Brigjen Pol Edi Swasono juga dimutasi. Dia ditarik sebagai Pati Bareskrim Polri dengan penugasan pada Badan Narkotika Nasional (BNN). Sebagai pengganti ditunjuk Kombes Pol Putu Putera Sadana yang saat ini bertugas di Dosen Utama di Lemdiklat Polri.


Editor : Zen Teguh