Karyawan Diduga Terlibat Suap, OJK Junjung Asas Praduga Tak Bersalah

Kunthi Fahmar Sandy ยท Rabu, 22 Juli 2020 - 09:42 WIB
Karyawan Diduga Terlibat Suap, OJK Junjung Asas Praduga Tak Bersalah

Ilustrasi Suap (Foto: iNews)

JAKARTA, iNews.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengomentari proses penegakan hukum terkait dengan dugaan penyalahgunaan wewenang dalam permasalahan fasilitas kredit di PT Bank Bukopin, Tbk kantor cabang Surabaya oleh karyawannya. OJK menghormati proses yang dilakukan Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta.

Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik OJK Anto Prabowo mengatakan menjunjung tinggi asas praduga tidak bersalah dan akan mendukung serta menghormati proses penegakan hukum terhadap pegawai OJK dimaksud.

OJK telah melakukan serangkaian proses investigasi internal yang melibatkan Satuan Kerja di bidang hukum, organisasi dan SDM dan pengendalian internal/Anti Fraud OJK.

"Kemudian memutuskan untuk membebastugaskan yang bersangkutan atas dugaan pelanggaran tata tertib dan disiplin pegawai," kata Anto di Jakarta Rabu (22/7/2020).

Anto akan senantiasa mengingatkan kepada seluruh pegawainya untuk tetap melaksanakan tugas dengan menjunjung tinggi nilai-nilai governance dan menjaga integritas.

Sebelumnya, Kejati DKI Jakarta menahan pegawai OJK berinisial DIW. DW ditahan terkait dugaan tindak pidana suap berupa fasilitas kredit Rp7,45 miliar saat menjadi tim pemeriksaan umum terhadap PT Bank Bukopin, Tbk. Cabang Surabaya, Jawa Timur.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq