KASN: Pelanggaran Netralitas ASN Paling Banyak di Sulawesi Tenggara

Felldy Utama ยท Senin, 10 Agustus 2020 - 18:42 WIB
KASN: Pelanggaran Netralitas ASN Paling Banyak di Sulawesi Tenggara

Ilustrasi Pilkada. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Komisi Aparatur Sipil negara (KASN) menyebut 344 ASN terbukti melakukan pelanggaran netralitas terkait Pilkada 2020 hingga 31 Juli 2020. Sebanyak 189 pelanggaran sudah ditindaklanjuti dengan pemberian sanksi.

Komisioner KASN, Arie Budhiman mengatakan pelanggaran netralitas terbanyak ada di Sulawesi Tenggara. Ada 76 pelanggaran netralitas terjadi di sana.

"Sulawesi Tenggara paling banyak melakukan pelanggaran," katanya dalam Webinar bertajuk "Netralitas dan Kewaspadaan ASN dalam Pilkada serentak Tahun 2020" di Jakarta, Senin (10/8/2020).

Terkait pelanggaran netralitas, KASN mengategorikan daerah-daerah menjadi zona merah, kuning, dan hijau. Menurutnya ada lima provinsi yang masuk zona merah dan perlu menjadi fokus perhatian, di mana tingkat pelanggarannya melebihi 20 kasus.

Kemudian 15 daerah masuk kategori kuning dengan pelanggaran antara 6-20 kasus serta zona hijau dengan kasus di bawah lima. Selain Sulawesi Tenggara, pelanggaran netralitas ASN ada di Jawa Tengah 65 kasus, Nusa Tenggara Barat (NTB) 49 kasus, Sulawesi Selatan 34 kasus, dan Sulawesi Tengah 23 kasus.

"Ini menjadi alarm, pelanggaran-pelanggaran itu bahkan sudah dimulai sejak sebelum periode pendafataran bakal calon," ujarnya.

Editor : Rizal Bomantama