Kasus Covid-19 di Bogor Terus Naik, Bima Arya: Sebab Pertama karena Liburan

Putra Ramadhani Astyawan ยท Kamis, 21 Januari 2021 - 17:00:00 WIB
Kasus Covid-19 di Bogor Terus Naik, Bima Arya: Sebab Pertama karena Liburan
Wali Kota Bogor Bima Arya (Foto: Okezone/ Putra)

BOGOR, iNews.id - Wali Kota Bogor Bima Arya menyebut angka kasus positif Covid-19 di Kota Bogor terus meningkat setiap hari. Ada dua faktor utama yang menyebabkan kenaikan tersebut yakni masa libur panjang beberapa waktu lalu dan rombongan kegiatan keagamaan.

"Angka kenaikan Covid ini ada beberapa sebab ya. Sebab pertama adalah lonjakan karena liburan. Sebab kedua, kami mendeteksi beberapa kegiatan, seperti penambahan 120 itu karena rombongan kegiatan keagamaan dari luar kota," kata Bima, kepada wartawan di Balai Kota Bogor, Kamis (21/1/2021).

Oleh karena itu, dia terus menekankan perlunya menekan mobilitas masyarakat untuk mengurangi penularan covid-19. Ditambah, kapasitas rumah sakit yang terbatas membuat masyarakat yang terpapar Covid-19 terpaksa menjalani isolasi di rumah dan berpotensi menularkan keluarga yang lainnya.

"Makanya kita tekankan betul, kurangi mobilitas. Ini sudah jelas lonjakan ini terjadi karena mobilitas. Lalu karena rumah sakit kapasitasnya terbatas, sehingga warga lebih memilih untuk dirumah. Terpaksa memilih untuk dirumah dan menulari anggota keluarganya. Karena itu kita genjotnya di dua hal itu. Membubarkan kerumunan mengurangi mobilitas, menambah tempat tidur di rumah sakit," katanya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2