Kasus Suap Dana Hibah, Aspri Menpora Dicecar soal Tupoksi Jabatan

Ilma De Sabrini ยท Kamis, 03 Januari 2019 - 18:37 WIB
Kasus Suap Dana Hibah, Aspri Menpora Dicecar soal Tupoksi Jabatan

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengungkapkan, pemeriksaan terhadap Aspri Menpora Imam Nahrawi, Miftahul Ulum terkait tupoksi jabatan pada kasus dana hibah Kemenpora ke KONI.

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini memeriksa Asisten Pribadi (Aspri) Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Miftahul Ulum terkait kasus dugaan korupsi dana hibah dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Miftahul dicecar pertanyaan seputar tugas pokok dan fungsi (tupoksi) terkait dengan jabatannya yang berhubungan dengan Imam Nahrawi.

"Terhadap saksi Miftahul Ulum, penyidik mendalami posisi saksi di Kemenpora. Apa jabatan, tugas dan posisi di Kemenpora dan bagaimana hubungan pekerjaan dengan Menpora. Pengetahuan dan peran saksi dalam perkara ini juga diklarifikasi," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di Gedung Merah Putih, Jakarta, Kamis (3/1/2019).

Tidak hanya Miftahul, penyidik juga memeriksa Twisyono dan Suradi selaku staf bagian perencanaan KONI. Ketiganya diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Ending Fuad Hamidy.

Dalam pemeriksaan Twisyono dan Suradi, KPK mendalami mengenai proses pengajuan proposal dari KONI kepada Kemenpora terkait dengan pengawasan dan pendampingan (wasping) untuk atlet atau pelatih.

"Untuk dua orang saksi dari KONI, penyidik mendalami pengetahuan para saksi tentang pengajuan proposal-proposal dari KONI kepada Kemenpora terkait dana wasping atlet," ujar Febri.

KPK mengidentifikasi peruntukan dana hibah itu untuk pembiayaan wasping dalam penyusunan instrumen dan pengelolaan database berbasis android bagi atlet berprestasi dan pelatih berprestasi multi event internasional.

KPK menduga dana hibah itu diperuntukkan dalam menyusun evaluasi dari monitoring atlet berprestasi dalam persiapan SEA Games 2019 mendatang serta membuat buku pendampingan dalam peningkatan prestasi olahraga.

Editor : Djibril Muhammad

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua