Kasus Suap Dana Hibah KONI, KPK Telusuri Aset Mantan Menpora Imam Nahrawi

Ilma De Sabrini ยท Jumat, 20 September 2019 - 22:18 WIB
Kasus Suap Dana Hibah KONI, KPK Telusuri Aset Mantan Menpora Imam Nahrawi

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menelusuri aset mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu ditetapkan tersangka kasus suap dana hibah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, penelusuran aset tersebut penting untuk memaksimalkan pengembalian uang negara. Apalagi jumlah uang dugaan suap yang diterima Imam Nahrawi cukup besar mencapai Rp26,5 miliar.

"Kami juga melakukan identifikasi dan penelusuran aset lebih lanjut karena dugaan suap yang diterima sejauh ini kan cukup signifikan lebih dari Rp26 miliar," ujar Febri di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (20/9/2019).

Dia berharap partisipasi masyarakat dalam penelusuran aset Imam Nahrawi. Bagi yang mengetahui aset milik Imam Nahrawi diimbau segera menginformasikan kepada KPK.

BACA JUGA:

KPK Ungkap 3 Sumber Uang Suap Imam Nahrawi, Termasuk Anggaran Asian Games 2018

Belum Putuskan Praperadilan, Imam Nahrawi Yakin Tak Bersalah

"KPK juga membuka saluran. Jadi, kalau masyarakat ingin memberi informasi pada KPK terkait aset yang diduga dimiliki oleh tersangka itu bisa diinformasikan pada KPK," ucapnya.

Dalam kasus ini KPK menduga ada tiga sumber uang dugaan suap yang diterima Imam Nahrawi. Pertama, dari anggaran fasilitasi bantuan Asian Games 2018.

Kedua dari anggaran fasilitas bantuan kegiatan peningkatan kapasitas tenaga keolahragaan KONI pusat 2018. Ketiga dari bantuan pemerintah kepada KONI guna pelaksanaan pengawasan dan pendampingan (wasping) pada kegiatan peningkatan prestasi olahraga nasional.


Editor : Kurnia Illahi