Keberangkatan Jemaah Umrah Indonesia Tunggu Informasi Resmi Saudi

Fakhrizal Fakhri ยท Sabtu, 31 Oktober 2020 - 04:54 WIB
Keberangkatan Jemaah Umrah Indonesia Tunggu Informasi Resmi Saudi

Keberangkatan jemaah umrah Indonesia tunggu informasi resmi Arab Saudi. (Foto: Twitter Kementerian Umrah)

JAKARTA, iNews.id - Arab Saudi akan membuka umrah bagi jemaah luar negeri mulai 1 November 2020. Namun keberangkatan jemaah Indonesia masih menunggu keputusan pemerintah Arab Saudi.

"Iya (masih menunggu informasi pemerintah Arab Saudi)," kata Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus, Arfi Hatim saat dikonfirmasi MNC Portal, Sabtu (31/10/2020).

Dia mengatakan, pemerintah saat ini belum menerima informasi resmi dari pemerintah Arab Saudi soal mekanisme pelaksanaan umrah dari jemaah luar negeri. Termasuk di antaranya soal protokol kesehatan yang harus dipenuhi jemaah.

"Belum ada info resmi dari Saudi. Protokol kesehatan juga mengikutu ketentuan Saudi," tuturnya.

Pemerintah Arab Saudi berencana membuka kedatangan jamaah umrah dari luar negaranya dengan memberlakukan kriteria usia mulai 18-50 tahun.

Arfi menuturkan, sudah ada 59.757 jemaah umrah Indonesia yang telah mendapat nomor registrasi. Namun keberangkatan mereka tertunda akibat terdampak kebijakan pemerintah Arab Saudi terkait pandemi Covid-19.

Dari jumlah itu, sebanyak 2.601 orang atau 4 persen berusia di bawah 18 tahun, dan 30.828 orang atau 52 persen jemaah berusia di atas 50 tahun.

"Ada 26.328 jemaah atau 44% dari mereka yang sudah mendapat nomor registrasi, berusia 18 sampai 50 tahun. Mereka masuk dalam kriteria yang dipersyaratkan Saudi untuk berangkat umrah di masa pandemi ini," kata Arfi di Jakarta, Kamis 29 Oktober 2020.

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua