Kelelahan hingga Dehidrasi akibat Panas, Sejumlah Jemaah Haji Indonesia Dirawat di Pos Kesehatan Arafah

Nandha Aprilianti · Kamis, 07 Juli 2022 - 22:39:00 WIB
Kelelahan hingga Dehidrasi akibat Panas, Sejumlah Jemaah Haji Indonesia Dirawat di Pos Kesehatan Arafah
Sejumlah jemaah haji asal Indonesia dilarikan ke Pos Kesehatan Satelit Arafah. Mereka di antaranya mengalami kelelahan hingga dehidrasi akibat sengatan panas. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah jemaah haji asal Indonesia dilarikan ke Pos Kesehatan Satelit Arafah. Mereka di antaranya mengalami kelelahan hingga dehidrasi akibat sengatan panas

Koordinator Emergency Medical Team (EMT) Pos Kesehatan Arafah, dr Erwinsyah Patta Padang menuturkan ada pula kasus lain seperti halnya kasus hipoglikemia (kadar gula turun) dan diabetes.

“Ada juga kasus hipoglikemia (kadar gula turun) pada pasien diabetes melitus yang kami temui, karena jemaah malas makan,” ujarrnya dari Arafah, Arab Saudi, Kamis (7/7/2022).

Dia menyebut jemaah yang membutuhkan pelayanan kesehata, langsung dijemput tim EMT untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di Poskes Satelit. Lebih lanjut, pasien tersebut diberikan terapi infus dan pengobatan yang dibutuhkan.

“Setelah kondisi jemaah stabil, kita kembalikan ke kloter,” ucapnya.

Dia menjelaskan terdapat lima pasien yang harus dirujuk untuk penanganan lebih lanjut. Kelimanya dibawa ke Poskes Arafah untuk dilakukan observasi.

Selain Pos Kesehatan Arafah, tim kesehatan juga tersebar di empat pos kesehatan satelit yang terletak di maktab–maktab jemaah haji Indonesia. Hal ini bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan dan mempercepat respons time.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda