Kemenhub Antisipasi Kendaraan Pelat Hitam Angkut Penumpang Umum untuk Mudik

Binti Mufarida ยท Rabu, 21 April 2021 - 12:45:00 WIB
Kemenhub Antisipasi Kendaraan Pelat Hitam Angkut Penumpang Umum untuk Mudik
Ilustrasi pemudik. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan telah mengantisipasi kendaraan pelat hitam mengangkut penumpang umum untuk mudik. Kebijakan pelarangan mudik Idul Fitri atau Lebaran mulai 6 sampai 17 Mei 2021.

“Misalnya di darat ya, ada yang tetap ngeyel ingin pulang sehingga menggunakan kendaraan yang plat hitam untuk mengangkut penumpang umum. Ini mungkin juga sudah sering dengar ceritanya ya. Yang tahun lalu juga terjadi praktek itu. Nah, ini disinyalir masih akan terjadi di tahun ini juga ya,” kata Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati dalam dialog Bahaya Covid Masih Mengintai, Sayangi Keluarga di Kampung Dengan Tidak Mudik secara virtual dari kanal resmi BNPB, Rabu (21/4/2021).

Adita pun memastikan bahwa Kemenhub telah melakukan koordinasi dengan Kepolisian terkait hal ini. Dia mengatakan petugas di lapangan akan melakukan tindakan tegas jika ditemukan hal seperti ini. 

“Tetapi jika ada pelanggaran yang jelas-jelas itu sudah melanggar ketentuan hukum, apalagi kalau di jalan, di transportasi darat ini kan ada ketentuan yang memang terkait dengan undang-undang lalu lintas jalan raya ya, kalau jelas-jelas melanggar itu tentu pihak Kepolisian akan melakukan tindakan sesuai dengan apa yang dilarang,” papar Adita.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2