Kemenkes Klarifikasi Kabar 6 WNI dari Singapura di Batam Diduga Terjangkit Virus Korona

Antara · Minggu, 09 Februari 2020 - 20:20:00 WIB
Kemenkes Klarifikasi Kabar 6 WNI dari Singapura di Batam Diduga Terjangkit Virus Korona
Ilustrasi, petugas di bandara memantau kedatangan penumpang untuk mengantisipasi wabah virus korona. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengklarifikasi mengenai 6 warga negara Indonesia (WNI) berstatus terduga terjangkit virus korona. Klarifikasi itu disampaikan untuk menanggapi pemberitaan yang beredar tentang 6 WNI berstatus terduga terjangkit virus korona meninggalkan Singapura dan tiba di Batam.

Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Yurianto mengatakan, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di Batam dan Dinas Kesehatan Tanjungpinang telah menemui dan memeriksa 6 WNI yang satu keluarga itu.

"Semua pelaku perjalanan yang disebut dalam laporan tersebut dapat ditemui dan diperiksa. Hasil pemeriksaan tidak menunjukkan demam dan tidak sesak napas," ujar Yurianto di Jakarta, Minggu (9/2/2020).

Dia menuturkan, sesuai protokol badan organisasi kesehatan dunia di Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) menyatakan, orang yang berstatus terduga terjangkit virus korona tidak boleh melakukan perjalanan lintas negara.

"Suspect (terduga) adalah orang yang sakit dan sedang menunggu hasil tes, sehingga enam orang tersebut tidak mungkin dalam status suspect," katanya.

Editor : Kurnia Illahi