Kemenkes Siagakan 3 RS dan 13 Puskesmas di Lokasi Erupsi Gunung Semeru

Binti Mufarida ยท Selasa, 07 Desember 2021 - 11:55:00 WIB
Kemenkes Siagakan 3 RS dan 13 Puskesmas di Lokasi Erupsi Gunung Semeru
Korban erupsi Gunung Semeru dirawat di rumah sakit. (Foto Antara).

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Pusat Krisis Kesehatan (Puskris) menyiagakan 3 rumah sakit di lokasi bencana erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur. Selain itu 13 Puskesmas juga disiagakan untuk memperkuat layanan kegawatdaruratan 

“RS yang berperan aktif adalah RSUD Pasirian, RSUD Haryoto dan RS Bhayangkara dengan didukung oleh 13 Puskesmas dan 5 Puskesmas di perbatasan,” kata Kepala Pusat Krisis Kesehatan, Eka Jusuf Singka dikutip dari laman resmi Kemenkes, Selasa (7/12/2021).

Penyiapan RS rujukan juga diperluas hingga ke Kota Malang. Rumah sakit-rumah sakit swasta di sekitar lokasi erupsi termasuk di RS Kepanjen dan RS Wava Husada rencananya akan digunakan sebagai rujukan bagi korban luka bakar dibawah 20% dan RS Saiful Anwar Malang untuk rujukan korban trauma inhalasi berat.

Selain itu, Puskris Kemenkes juga menyiapkan pos-pos kesehatan di sekitar lokasi pengungsian. Saat ini total 4 pos pengungsi yang didirikan di kecamatan Tronojowo dan Candipuro. Setiap pos tersebut ada pos kesehatan yang telah melaksanakan pelayanan kesehatan dan saat ini tercatat ada 77 orang yang menjalani perawatan di tenda tersebut.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: