Kemenkes Siapkan 5 Juta Anggota Pramuka Jadi Tenaga Kesehatan Cadangan Hadapi Wabah

Antara · Rabu, 01 Desember 2021 - 23:08:00 WIB
Kemenkes Siapkan 5 Juta Anggota Pramuka Jadi Tenaga Kesehatan Cadangan Hadapi Wabah
Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mempersiapkan 5 juta keanggotaan organisasi gerakan Pramuka dalam menghadapi wabah di masa depan. Para anggota pramuka itu akan disiapkan sebagai tenaga kesehatan cadangan.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, tenaga kesehatan cadangan akan berperan saat Indonesia berperang melawan wabah virus maupun kejadian bencana alam.

"Yang perlu kita siapkan, infrastruktur menghadapi bencana. Terutama yang saya siapkan orang-orangnya. Kita sekarang kekurangan vaksinator, tenaga tracer. Saya sedang siapkan tenaga kesehatan cadangan," ujar Budi saat menjadi pembicara dalam Ganesha Policy Podcast Ep.1: "BGS, Kapan Covid-19 Berakhir?" yang diikuti dari YouTube Ikatan Alumni ITB di Jakarta, Rabu (1/12/2021).

Dia menuturkan, organisasi Pramuka menjadi salah satu perkumpulan masyarakat potensial mengemban tugas sebagai tenaga kesehatan. "(Keanggotaan) Pramuka ada 5 juta orang. Kalau penggalang dan penegak ada 1 juta orang," tuturnya.

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda