Kenang Jasa Proklamator, Jokowi Pimpin Heningkan Cipta di Istana

iNews ยท Jumat, 17 Agustus 2018 - 11:25 WIB
Kenang Jasa Proklamator, Jokowi Pimpin Heningkan Cipta di Istana

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Koran Sindo).

JAKARTA, iNews.id - Upacara peringatan HUT ke-73 Republik Indonesia (RI) di Istana Kepresidenan, Jumat (17/8/2018) diisi dengan rangkaian acara. Peringatan detik-detik proklamasi ditandai dengan suara sirine diiring beberapa kali dentuman meriam.

Pada kesempatan itu naskah proklamasi kemerdekaan dibacakan oleh Ketua DPR Bambang Soesatyo. Usai pembacaan naskah proklamasi dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Untuk mengenang jasa proklamator Bung Karno dan Bung Hatta, mengheningkan cipta mulai," ujar Jokowi di upacara peringatan HUT ke-73 RI di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (17/8/2018).

BACA JUGA:

HUT RI di Istana, Jokowi Pakai Kostum Adat Aceh, JK Pakai Adat Bugis

Upacara HUT RI di Istana, Tarrisa Maharani Pembawa Bendera Merah Putih

Usai mengheningkan cipta dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy. Dalam doanya, Muhadjir mengucapkan rasa syukur atas kemajuan pembangunan yang dirasakan saat ini.

"Kami bersyukur pembangunan infrastruktur telah dirasakan manfaatnya oleh rakyat Indonesia," ucap Muhadjir.

Upacara peringatan HUT ke-73 RI itu dihadiri para Menteri Kabinet Kerja, pimpinan lembaga negara dan duta besar (dubes) negara sahabat. Acara juga dihadiri para presiden dan wakil presiden sebelumnya.

 


Editor : Kurnia Illahi