Kenapa Baterai Hp Bisa Meledak? Ini Kata Pakar ITB

puti aini yasmin ยท Rabu, 06 April 2022 - 16:18:00 WIB
Kenapa Baterai Hp Bisa Meledak? Ini Kata Pakar ITB
Ilustrasi handphone

JAKARTA, iNews.id - Kasus baterai handphone (hp) meledak banyak terjadi di masyarakat. Namun, tahukah kamu penyebab baterai tersebut bisa meledak?

Menurut Dosen Peneliti Tidak Tetap, Fakultas Teknologi Industri ITB Kiki Adi Kurnia ternyata kasus meledaknya baterai hp dipengaruhi kenaikan suhu yang tinggi. Hal itu bisa terjadi karena digunakan terlalu lama atau berada di tempat yang panas.

“Kasus ledakan pada telepon genggam terjadi saat telepon digunakan terlalu lama hingga mengalami kenaikan suhu atau karena diletakannya telepon genggam pada tempat yang panas," kata Kiki dikutip dari laman ITB, Rabu (6/4/2022).

Adapun, hal yang menyebabkan baterai hp meledak adalah cairan kimia elektrolit. Cairan tersebut berada di dalam baterai dan berfungsi untuk membatasi anoda dan katoda. Ketika panas, cairan elektrolit menguap sehingga anoda dan katoda bertemu menyebabkan ledakan.

"Dua kegiatan tersebut yang dapat membuat elektrolit pada baterai mengering dan menguap. Semakin kering elektrolit, maka posisi katoda dan anoda semakin mendekat. Ketika katoda dan anoda bertemu, ledakan pada telepon genggam, terjadi,” ujar Kiki.  

Editor : Puti Aini Yasmin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda