Kepala BNPB Pastikan Pertemuan Internasional GPDRR di Bali Terapkan Sistem Bubble

Binti Mufarida · Jumat, 28 Januari 2022 - 22:49:00 WIB
Kepala BNPB Pastikan Pertemuan Internasional GPDRR di Bali Terapkan Sistem Bubble
Kepala BNPB Suharyanto (Foto dok BNPB)

JAKARTA, iNews.id - Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan internasional Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) di Bali. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Suharyanto menegaskan acara ini dilaksanakan dengan sistem bubble, mengingat saat ini masih masa pandemi Covid-19.

“Bahwa untuk penyelenggaraan nanti di GPDRR ini akan dilaksanakan dengan sistem bubble,” ungkap Suharyanto, Jumat (28/1/2022).

Dengan sistem bubble ini, artinya dari mulai kedatangan di Bandara Ngurah Rai, para peserta diatur sedemikian rupa supaya protokol kesehatannya tetap terlaksana dengan ketat. Termasuk saat dalam perjalanan ke lokasi acara.

"Kemudian masuk Nusa Dua, dan hanya berhubungan di antara mereka sendiri. Artinya para delegasi itu tidak bisa berhubungan dengan masyarakat banyak yang ada di Bali," ujar Suharyanto.

Suharyanto menegaskan, delegasi negara yang ikut dalam pertemuan ini tidak dibatasi. Pihaknya tetap berpegang Surat Edaran Satgas Nomor 3 Tahun 2022.

"Kita berlakukan sama, baik WNA maupun WNI yang masuk ke Indonesia, itu dilaksanakan karantina 7 hari," kata Suharyanto.

Terkait format acara seperti berapa yang harus hadir tatap muka atau online, dia juga masih menunggu arahan dari Presiden Joko Widodo. Pihaknya juga akan melihat bagaimana perkembangan Covid-19 di Indonesia pada bulan Mei nanti, ketika acara ini digelar.

Editor : Reza Fajri

Bagikan Artikel: