Kerusuhan di AS, Menlu Retno Marsudi Pantau Keselamatan WNI

Riezky Maulana ยท Minggu, 31 Mei 2020 - 11:51:00 WIB
Kerusuhan di AS, Menlu Retno Marsudi Pantau Keselamatan WNI
Polisi yang dilengkapi senjata berpeluru karet mengamankan aksi protes kematian George Floyd di Distrik Fairfax, Los Angeles, Negara Bagian California, AS, Sabtu (30/5/2020). (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menginstruksi kepada perwakilan Indonesia di Amerika Serikat (AS) agar menjaga keselamatan warga negara Indonesia (WNI). Instruksi itu disampaikan terkait demonstrasi yang berujung kerusuhan di AS.

Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Teuku Faizasyah mengatakan, terus memantau perkembangan di AS. Saat ini, kata dia belum ada WNI yang menjadi korban dalam kerusuhan tersebut.

"Menlu telah menginstruksikan kepala perwakilan di AS, baik KBRI dan KJRI untuk terus memastikan keamanan dan keselamatan WNI kita di AS," ujar Teuku ketika dikonfirmasi iNews.id melalui pesan singkat, Minggu (31/5/2020).

Demonstrasi di AS dipicu atas kematian George Floyd oleh polisi di Minneapolis, Negara Bagian Minnesota, Senin (25/5/2020). Gelombang demonstrasi terus meluas hingga terjadi kerusuhan.

Floyd tewas saat ditangkap polisi dengan tuduhan menggunakan uang kertas palsu. Flyod yang sudah tidak berdaya karena leher belakangnya ditindih dengan lutut oleh polisi meminta tolong agar himpitan itu diperlongggar supaya bisa bernapas.

Editor : Kurnia Illahi