Khutbah di Nikahan Adik Jokowi dan Ketua MK, Imam Besar Istiqlal Tekankan soal Kebahagiaan

Arie Dwi Satrio ยท Kamis, 26 Mei 2022 - 11:40:00 WIB
Khutbah di Nikahan Adik Jokowi dan Ketua MK, Imam Besar Istiqlal Tekankan soal Kebahagiaan
Imam Besar Masjid Istiqlal Prof Dr Nasaruddin Umar (tangkapan layar)

JAKARTA, iNews.id - Imam Besar Masjid Istiqlal Prof Dr Nasaruddin Umar hadir langsung dalam acara pernikahan adik Presiden Joko Widodo, Idayati dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman, Kamis (26/5/2022). Kedatangan Nasaruddin sekaligus untuk memberikan khutbah nikah kepada kedua mempelai.

"Hari ini, tanggal 25 Syawal 1443 Hijriah bertepatan tanggal 26 Mei 2022. Kita menyaksikan peristiwa yang sangat sakral dan sangat agung sekaligus kita menyaksikan peristiwa hukum, baik hukum positif maupun hukum syariah," kata Umar.

"Sekaligus juga kita menyaksikan peristiwa adat istiadat yang sangat luhur untuk kita semuanya," imbuhnya.

Umar lantas berbicara soal lapisan pernikahan di dalam kitab umat Islam. Dia mengatakan perkawinan adalah menyatukan dua hal yang berbeda untuk menjadi satu kesatuan.

"Seluruh jenjang perkawinan yang saya sebutkan tadi, itu artinya untuk mempertanyakan sesuatu atau hal-hal yang berbeda menjadi satu kesatuan yang utuh. Itulah disebut dengan hakikat perkawinan, mempertemukan dua yang berbeda," ungkapnya.

Menurut Umar, pernikahan sama halnya dengan menyatukan nama-nama sifat Allah SWT. Menurutnya cita-cita sebuah pernikahan adalah untuk melahirkan kebahagiaan.

"Kebahagiaan itu akan muncul manakala kita mampu mengawinkan dua hal yang berbeda menjadi satu kesatuan," katanya.

Editor : Reza Fajri

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: