Kisah Hilangnya Gubernur Bali Sutedja di Jakarta, Nasibnya Tak Diketahui hingga Kini

Miftahul Chusna ยท Senin, 13 September 2021 - 06:32:00 WIB
Kisah Hilangnya Gubernur Bali Sutedja di Jakarta, Nasibnya Tak Diketahui hingga Kini
Gubernur Bali pertama, Anak Agung Bagus Sutedja menjadi salah satu pejabat yang hilang saat bertugas di Jakarta pada 1966. (Foto: Istimewa)

Tiga tentara itu spontan memberi hormat layaknya kepada seorang pejabat negara selevel gubernur. Penjemput yang berpangkat sersan satu menjawab. 

"Bapak Gubernur diminta datang oleh Kapten Teddy di Jalan Perwira, Medan Merdeka," ujarnya. 

Tempat yang dimaksud adalah Markas Staf Komando Garnizun Medan Merdeka, Jakarta. Karena tamu yang datang bertutur kata sangat sopan, Sutedja yang ketika itu berusia 43 tahun sama sekali tidak menaruh curiga. Dia menyatakan bersedia dan segera mempersiapkan diri dengan berpakaian rapi.

Sebelum naik mobil, Sutedja tak lupa pamit dengan istrinya. Sebelum mobil jemputan meninggalkan rumah, Sunitri mencatat pelat nomor mobil yang membawa suaminya. Tapi dia lupa menanyakan surat tugas penjemput suaminya.

Di dalam mobil, Sutedja yang berkemeja lengan panjang biru muda dipadu celana panjang kheki dan sepatu hitam duduk di kursi tengah. Sementara tiga pria dengan seragam tentara duduk di kursi paling belakang.

Sutedja diangkat menjadi Gubernur Bali pada 1959. Dia ditugaskan di Jakarta sejak 1 Desember 1965 karena dipanggil oleh Presiden Sukarno berdasarkan SK Nomor 380/1965. Dia berkantor di Kementerian Dalam Negeri dan Dewan Pertimbangan Agung.

Malam harinya, Sutedja tak kunjung pulang dan tidak ada kabar. Keluarga mulai curiga. Pukul 23.00 WIB, Sunitri ditemani staf kementerian pertanian MAE Sutedja membuat laporan ke polisi.

Editor : Rizal Bomantama

Bagikan Artikel: