Kisah Letjen TNI Rais Abin, Satu-satunya Jenderal Indonesia Pimpin Pasukan Perdamaian PBB

Mohammad Atik Fajardin ยท Jumat, 24 September 2021 - 06:47:00 WIB
Kisah Letjen TNI Rais Abin, Satu-satunya Jenderal Indonesia Pimpin Pasukan Perdamaian PBB
Letjen TNI Rais Abin. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Indonesia diketahui rutin mengirimkan prajuritnya untuk bergabung dalam pasukan perdamaian PBB di berbagai penjuru dunia. Bahkan ada jenderal dari Indonesia yang dipercaya memimpin ribuan pasukan dari seluruh dunia pada tahun 1979.

Dia yaitu Letjen TNI Rais Abin. Lahir di Koto Gadang, Agam, Sumatra Barat, 15 Agustus 1926, Rais Abin kecil bersekolah di Schakelschool (Sekolah Rakyat, sederajat sekolah dasar) dan lulus pada usia 14 tahun.

Rais Abin kemudian melanjutkan sekolah di Meer Uitgebreid Lager Onderwijs atau setara dengan Sekolah Menengah Pertama dekat Gunung Singgalang. Meski lulus ujian masuk sekolah, ayahnya tidak punya cukup uang untuk membayar uang sekolah dan malah menyekolahkannya di sekolah menengah pertama pertanian Landbouwschool di Sukabumi.

Rais kemudian naik kapal feri dari Pelabuhan Teluk Bayur menuju Sukabumi bersama sepupunya, Mishar. Selama studinya di sekolah, ayahnya meninggal pada tahun 1942, dan dia tidak memiliki kesempatan untuk menjenguk mendiang ayahnya.

Dia kemudian lulus dari sekolah tersebut pada tahun 1943 dan ditempatkan sebagai asisten pengawas di perkebunan karet Cikumpay, di Purwakarta, Jawa Barat.

Dalam karier militernya, Rais Abin bergabung dengan Pemuda Sosialis Indonesia. Dia berangkat ke Yogyakarta pada September 1945 setelah direkomendasikan oleh seorang pekerja kereta api bersenjata.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: