Kisah Soekarno-Hatta Naik Haji, Usul Pindahkan Toko Dagangan hingga Perbesar Masjidil Haram

Hasan Kurniawan ยท Selasa, 05 Juli 2022 - 07:18:00 WIB
Kisah Soekarno-Hatta Naik Haji, Usul Pindahkan Toko Dagangan hingga Perbesar Masjidil Haram
Soekarno-Hatta pernah melaksanakan ibadah haji. (istimewa).

JAKARTA, iNews.id - Presiden ke-1 RI Soekarno pernah melaksanakan ibadah haji pada tahun 1955 silam. Sebelumnya Bung Karno, Wakil Presiden M Hatta melaksanakan rukun Islam tersebut pada tahun 1952. 

Namun keduanya juga memberikan sumbangsih atau usulan kepada pemimpin Arab Saudi. Di antaranya memindahkan toko-toko dagangan dan memperbesar Masjidil Haram

Dalam buku kenangan yang berjudul Bung Hatta, Pribadinya dalam Kenangan, Bung Hatta memperhatikan keadaan di sekitar Kakbah. Kemudian dia menyarankan kepada pemimpin Saudi Arabia yang saat itu mendampinginya menjalankan ibadah haji, agar memindahkan toko-toko dagangan yang berada di sekitar Masjidil Haram. 

Toko-toko itu, sebelum dipindahkan tampak sangat menganggu konsentrasi orang-orang yang sedang menjalankan ibadah. Sebab terletak persis di sekitar Masjidil Haram dan sangat mencolok mata. Saat ini, toko-toko itu sudah tidak ada lagi.

Setelah itu, toko-toko itu segera dipindahkan dari sekeliling Masjidil Haram. Para jemaah yang menunaikan ibadah haji saat ini bisa lebih berkonsentrasi, tanpa terganggu dengan pemandangan toko-toko tersebut. 

Editor : Faieq Hidayat

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda