Korban Gempa Cianjur Mulai Tak Betah Tinggal di Pengungsian, Sukarelawan Bangun Rumah dari Reruntuhan

Puteranegara ยท Sabtu, 03 Desember 2022 - 15:31:00 WIB
Korban Gempa Cianjur Mulai Tak Betah Tinggal di Pengungsian, Sukarelawan Bangun Rumah dari Reruntuhan
Korban gempa bumi Cianjur mulai tidak betah tinggal di tenda pengungsian. (Foto ilustrasi/Antara).

JAKARTA, iNews.id - Kepala Disaster Management Center Dompet Dhuafa, Haryo Mojopahit mengungkapkan para korban gempa bumi Cianjur, sudah mulai tidak betah tinggal di tenda pengungsian. Saat ini banyak sukarelawan mulai membangun rumah dari reruntuhan yang ada. 

"Kemudian sekarang orang sudah tidak sabar tinggal di pengungsian," kata Haryo dalam acara Polemik MNC Trijaya bertajuk 'Menyoal Mitigasi dan Penanganan Bencana' secara virtual, Jakarta, Sabtu (3/12/2022).

"Banyak organisasi melakukan pemulihan dini saya lihat sudah beberapa bangun musala darurat, beberapa rumah bekas dari reruntuhn. Karena tingal di pengungsian beban," imbuh dia.

Haryo menjelaskan, dalam proses penanggulangan bencana alam seperti di Cianjur, Dompet Dhuafa selalu melakukan koordinasi dengan seluruh pihak terkait, seperti relawan. Hal itu untuk memastikan, penyaluran bantuan sesuai atau tepat sasaran. 

"Jadi dalam fase kita koordinasi ya kita ada sukarelawan ada juga tergabung squad penanggulangan bencana Indonesia. Kita juga tergabung dalam berbagai aliansi. Aliansi kemanusiaan lintas agama," ucap Haryo. 

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:





Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda