KPK Ingatkan Imam Nahrawi Hadiri Pemeriksaan Hari Ini sebagai Tersangka

Ilma De Sabrini ยท Jumat, 27 September 2019 - 07:59 WIB
KPK Ingatkan Imam Nahrawi Hadiri Pemeriksaan Hari Ini sebagai Tersangka

Mantan Menpora, Imam Nahrawi. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi. Dia diperiksa terkait kasus suap dana hibah Kemenpora kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tahun 2018.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu akan diperiksa sebagai tersangka. Dia berharap Imam Nahrawi kooperatif menjalani proses hukum yang menjeratnya.

"Jadi kami ingatkan yang bersangkutan bisa datang memenuhi panggilan penyidik karena hadir dalam panggilan sebagai tersangka ataupun sebagai saksi itu meupakan kewajiban hukum," ujar Febri saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Jumat (27/9/2019).

BACA JUGA:

KPK Tetapkan Menpora Imam Nahrawi Tersangka Korupsi Dana Hibah KONI

KPK Ungkap 3 Sumber Uang Suap Imam Nahrawi, Termasuk Anggaran Asian Games 2018

Dalam kasus ini, Nahrawi ditetapkan sebagai tersangka bersama asisten pribadinya Miftahul Ulum pada 18 September 2019. Nahrawi diduga meminta uang Rp11,8 miliar dalam rentang waktu 2016-2018, sehingga total dugaan penerimaan sebesar Rp26,5 miliar.

Uang itu merupakan commitment fee (jatah suap) atas pengurusan proposal hibah yang diajukan oleh KONI kepada Kemenpora Tahun Anggaran 2018. Sementara, Miftahul Ulum diduga turut membantu Nahrawi dalam penerimaan uang haram tersebut.


Editor : Kurnia Illahi