KPK Periksa Mantan Dirut PTDI, Telusuri Dugaan Korupsi

Rizki Maulana ยท Jumat, 05 Juni 2020 - 18:32 WIB
KPK Periksa Mantan Dirut PTDI, Telusuri Dugaan Korupsi

Gedung Merah Putih KPK di Jakarta Selatan. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang menelusuri dugaan korupsi di salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu PT Dirgantara Indonesia (PTDI). Lembaga antirasuah hari ini memeriksa beberapa saksi terkait hal tersebut mulai dari pegawai PTDI hingga unsur swasta.

Sayangnya, Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri enggan menyebutkan jumlah saksi yang diperiksa hari ini, Jumat (5/6/2020). Dia juga tidak menyebutkan detail posisi saksi yang diperiksa

"Benar hari ini KPK memeriksa beberapa pihak antara lain mantan pegawai BUMN PTDI dan pihak swasta terkait kegiatan pengumpulan alat bukti dugaan korupsi di PTDI," kata Ali kepada wartawan di Jakarta.

Dia memastikan dua mantan pejabat di PTDI turut menjalani pemeriksaan. Keduanya yaitu mantan Direktur Niaga PTDI Irzal Rinaldi Zailani dan eks Direktur Utama (Dirut) PTDI Budi Santoso.

"Iya benar (Irzal Rinaldi dan Budi Santoso). Untuk sementara demikian keterangan yang dapat kami sampaikan. Perkembangan selanjutnya akan kami sampaikan kemudian," ujarnya.

Sebelumya, pada Senin (18/5/2020), Ali Fikri mengatakan KPK berupaya mengumpulkan bukti-bukti kuat untuk menetapkan tersangka terkait kasus korupsi di perusahaan pelat merah tersebut. Dia menerangkan, KPK belum dapat mengumumkan detail kasusnya. Menurutnya, itu berlaku dikarenakan ada kebijakan baru di KPK.

"Kami sampaikan bahwa saat ini KPK sedang melakukan pengumpulan alat bukti terkait kasus di PTDI tersebut. Kami belum dapat mengumumkan detail kasus dan tersangka dalam kasus tersebut saat ini sesuai dengan kebijakan baru yang ditetapkan oleh Pimpinan KPK," katanya saat itu.

Editor : Rizal Bomantama