KPK Sita Rumah hingga Mobil Diduga Milik Bupati Mamberamo Tengah di Tangsel

Ariedwi Satrio ยท Selasa, 26 Juli 2022 - 18:06:00 WIB
KPK Sita Rumah hingga Mobil Diduga Milik Bupati Mamberamo Tengah di Tangsel
KPK menggeledah sekaligus menyita satu unit rumah di daerah Tangerang Selatan (Tangsel), Banten yang diduga milik Bupati Mamberamo Tengah, Papua, Ricky Ham Pagawak (RHP). (Foto : Antara)

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah sekaligus menyita satu unit rumah di daerah Tangerang Selatan (Tangsel), Banten yang diduga milik Bupati Mamberamo Tengah, Papua, Ricky Ham Pagawak (RHP). Selain rumah, KPK juga menyita mobil diduga milik Ricky Ham Pagawak.

KPK mengonfirmasi penggeledahan dilakukan pada Jumat tanggal 22 Juli 2022.

"Tim penyidik telah selesai melakukan upaya paksa penggeledahan dan penyitaan terhadap beberapa aset dengan nilai ekonomi yang diduga milik tersangka RHP (Bupati Mamberamo Tengah) di wilayah kota Tangerang Selatan, Banten," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, Selasa (26/7/2022).

Rumah dan satu unit mobil yang disita tersebut diduga merupakan hasil suap serta gratifikasi terkait pelaksanaan berbagai proyek di Pemkab Mamberamo Tengah, Papua. Saat ini, penyidik sedang menganalisis sejumlah aset Ricky Pagawak lainnya yang diduga hasil suap dan gratifikasi.

"Berikutnya, berbagai aset-aset tersebut akan dianalisis hingga dikonfirmasi pada saksi-saksi dan tersangka untuk melengkapi berkas perkara penyidikan. Penyitaan aset ini juga sebagai bagian upaya awal pemulihan hasil tindak pidana korupsi yang dinikmati para pelaku korupsi," ujarnya.

Sekadar informasi, KPK saat ini sedang menyidik kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait sejumlah proyek di Pemkab Mamberano Tengah, Papua. KPK telah mengantongi bukti permulaan yang cukup terkait dugaan suap dan gratifikasi di Pemkab Mamberamo Tengah.

KPK juga sudah mengantongi sejumlah nama tersangka dalam penyidikan kasus ini. Salah satunya, Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak. Hanya saja, KPK belum mengumumkan secara resmi nama-nama tersangka terkait dugaan suap dan gratifikasi sejumlah proyek di Mamberamo Tengah Papua tersebut.

KPK akan mengumumkan secara resmi konstruksi perkara serta pihak-pihak yang telah ditetapkan tersangka setelah adanya proses penangkapan dan penahanan. KPK berjanji akan transparan dalam proses penyidikan perkara ini.

Ricky Pagawak juga telah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) alias buronan KPK. Sebab, dia kabur saat hendak dijemput paksa KPK setelah dua kali mangkir dipanggil sebagai tersangka. Berdasarkan informasi yang dihimpun, Ricky kabur ke Papua Nugini melalui jalur tidak resmi.

Editor : Rizal Bomantama

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda