KPK Terima Pengembalian Rp3 Miliar Diduga Hasil Korupsi Cukai Rokok dan Miras di Bintan

Ariedwi Satrio ยท Kamis, 02 Desember 2021 - 12:34:00 WIB
KPK Terima Pengembalian Rp3 Miliar Diduga Hasil Korupsi Cukai Rokok dan Miras di Bintan
KPK menerima pengembalian uang lebih dari Rp3 miliar yang diduga berkaitan dengan kasus korupsi pengaturan cukai rokok dan minuman beralkohol (minol) di Bintan. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - KPK menerima pengembalian uang lebih dari Rp3 miliar yang diduga berkaitan dengan kasus korupsi pengaturan cukai rokok dan minuman beralkohol (minol) di Bintan, Kepulauan Riau (Kepri). Uang Rp3 miliar tersebut dikembalikan oleh sejumlah pihak yang diduga berkaitan dengan perkara ini. 

"Selama proses penyidikan, tim penyidik menerima adanya pengembalian uang dari beberapa pihak yang nilainya mencapai Rp3 miliar dan masih akan terus didalami lebih lanjut," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri di Jakarta, Kamis (2/12/2021).

KPK bakal menganalisis lebih lanjut uang Rp3 miliar tersebut untuk selanjutnya dilakukan penyitaan. Diharapkan ada pengembalian uang lebih banyak lagi dari pihak-pihak yang turut menikmati hasil korupsi pengaturan cukai rokok dan miras ini. Sebab, negara telah dirugikan sekira Rp250 miliar dalam kasus ini.

"Diharapkan akan ada assets recovery yang didapatkan dari penanganan perkara ini sehingga dapat menjadi pemasukan bagi kas negara," ucap Ali.

Diketahui sebelumnya, KPK telah menetapkan Bupati nonaktif Bintan, Apri Sujadi sebagai tersangka kasus dugaan korupsi terkait pengaturan barang kena cukai dalam pengelolaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) Bintan tahun 2016-2018.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda