KSAD Andika Perkasa Ancam Pecat Oknum TNI AD Terlibat Perusakan Polsek Ciracas

Felldy Utama ยท Minggu, 30 Agustus 2020 - 17:55:00 WIB
KSAD Andika Perkasa Ancam Pecat Oknum TNI AD Terlibat Perusakan Polsek Ciracas
Jenderal TNI Andika Perkasa (Foto: Dok Puspen TNI AD)

JAKARTA, iNews.id - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan hukuman tambahan bisa saja diberikan bagi oknum prajurit yang terlibat perusakan Polsek Ciracas, Jakarta Timur pada Sabtu (29/8/2020) dini hari. Hukuman tambahan yang dimaksud berupa pemecatan dari dinas kemiliteran.

Andika menyampaikan pemeriksaan terhadap oknum prajurit sudah dilakukan oleh Polisi Militer Kodam Jaya. Menurutnya semua oknum yang diperiksa sudah memenuhi pasal yang tertuang dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana Militer untuk diberikan hukuman tambahan.

"Jadi selain pasal-pasal pidana yang dilanggar oleh masing-masing, ini akan berbeda satu dengan lainnya. Kami juga akan memberikan hukuman tambahan kepada semuanya yaitu pemecatan," kata Andika dalam konferensi pers di Mabesad, Jakarta Pusat, Minggu (30/8/2020).

Menurut dia, tindakan pemecatan ini perlu dilakukan kepada para oknum tersebut. Andika menjelaskan tindakan mereka sudah merusak nama TNI AD.

"Dan sama sekali tidak mencerminkan sumpah prajurit yang mereka ucapkan dan janjikan pada saat mereka menjadi prajurit TNI Angkatan Darat," ujarnya.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan penyerangan Polsek Ciracas diduga dipicu penyebaran berita bohong yang dilakukan Prada MI. Prada MI diduga menghubungi sejumlah rekannya di TNI dan mengaku dipukuli oleh masyarakat.

Hal tersebut juga dikonfirmasi oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Menurutnya Prada MI terluka karena kecelakaan dan bukan karena pengeroyokan.


Editor : Rizal Bomantama