Larangan Masuk Indonesia dari 14 Negara terkait Omicron Dicabut, Karantina Rata 7 Hari

Azfar Muhammad · Jumat, 14 Januari 2022 - 11:50:00 WIB
Larangan Masuk Indonesia dari 14 Negara terkait Omicron Dicabut, Karantina Rata 7 Hari
Pemerintah melalui Satgas Pengananan Covid-19 resmi mencabut larangan masuk Indonesia bagi orang asal 14 negara dengan transmisi komunitas Omicron. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah melalui Satgas Pengananan Covid-19 resmi mencabut larangan masuk Indonesia bagi orang asal 14 negara dengan transmisi komunitas Omicron. Masa karantina bagi semua pelaku perjalanan luar negeri rata menjadi tujuh hari.

Ketentuan ini dituangkan dalam Surat Edaran Satgas Covid-19 No 02/2022 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri pada Masa Pandemi Covid-19.

"Sejalan dengan antisipasi yang dilakukan pemerintah, Satgas Penanganan Covid-19 memutuskan meniadakan daftar 14 negara (dengan transmisi komunitas Omicron) asal WNA yang dilarang masuk ke Indonesia," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Bakti Adisasmito di Jakarta, Jumat (14/1/2022) 

Wiku menegaskan stabilitas nasional menjadi pertimbangan penghapusan aturan tersebut. Menurutnya keputusan ini akan dibarengi langkah mitigasi yang ketat di dalam negeri.

Dia mengatakan keputusan ini diambil mengingat varian Omicron sudah meluas ke 150 dari 195 negara di dunia per 10 Januari 2022. 

"Jika pengaturan pembatasan daftar negara masih tetap ada akan menyulitkan pergerakan lintas negara yang masih diperlukan untuk mempertahankan stabilitas negara termasuk pemulihan ekonomi nasional," ucapnya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda