Listyo Sigit Jadi Calon Kapolri, IPW: Tugas Pertama Gerakkan Gerbong Mutasi

Irfan Ma'ruf · Kamis, 21 Januari 2021 - 15:33:00 WIB
Listyo Sigit Jadi Calon Kapolri, IPW: Tugas Pertama Gerakkan Gerbong Mutasi
Komjen Pol Listyo Sigit (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri. Sigit sudah menjalani uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test di DPR.

Indonesia Police Watch (IPW) menyebut tugas pertama Sigit yakni melakukan mutasi besar-besaran. Dia mengatakan ada dua jenderal bintang tiga atau komjen yang meninggalkan jabatan lama.

"Pertama, untuk posisi Kabareskrim yang ditinggalkan Sigit. Kedua untuk posisi Sestama Lemhanas yang ditinggalkan Komjen Didi Widjanardi yang sudah pensiun sejak 14 Januari lalu. Didi kelahiran Surakarta, Jawa Tengah itu menjabat Sestama Lemhanas sejak 3 Maret 2020," kata Ketua Presidium IPW Neta S Pane, Kamis (21/1/2021).

Neta menyebut untuk Kabareskrim ada empat nama yang mencuat. Nama tersebut yakni Irjen Pol Wahyu Widada (Kapolda Aceh), Irjen Pol Nico Alfinta (Kapolda Jatim), Irjen Pol Dofiri (Kapolda Jabar), dan Irjen Pol Wahyu Adhinigrat (Wakabareskrim).

"Sedangkan untuk posisi Sestama Lemhanas, sepertinya bakal ada Komjen dari Mabes Polri yang digeser untuk menjadi Sestama Lemhanas," kata Neta.

Nama yang akan mengisi Sestama Lemhanas diprediksi  Irjen Pol Luki (Wakalemdikpol). Saat menjadi Kapolda Jatim, Luki dinilai berhasil mengamankan pelaksanaan Pilpres 2019.

Neta menyebut publik menaruh harapan besar di pundak Sigit saat menjadi Kapolri. Janji-janji saat fit and proper test, menurut Neta, sangat ditunggu publik realisasinya.

"Dengan ikon presisi, Sigit akan membawa paradigma baru di Polri. Tentunya publik berharap, Sigit akan segera mewujudkan semua yang dijanjikannya saat uji kepatutan di Komisi III DPR," tuturnya.

========

SIARAN PERS IPW: Tugas pertama Listiyo Sigit, setelah dilantik Presiden Jokowi menjadi Kapolri adalah langsung menggerakkan gerbong mutasi besar di tubuh kepolisian, yakni dengan mengeluarkan TR Mutasi untuk posisi dua jenderal bintang tiga (Komjen), yang otomatis membuat bergeraknya gerbong mutasi besar di tubuh Polri.

Dari pendataan Ind Police Watch (IPW), kedua posisi Komjen yang kosong itu adalah, Pertama, untuk posisi Kabareskrim yang ditinggalkan Sigit. Kedua untuk posisi Sestama Lemhanas yang ditinggalkan Komjen Didid Widjanardi yang sudah pensiun sejak 14 Januari lalu. Didi kelahiran Surakarta, Jawa Tengah itu menjabat Sestama Lemhanas sejak 3 Maret 2020. 

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2