Lobi-Lobi Alot, Muzani Konsultasi soal Posisi Ketua MPR kepada Prabowo

Felldy Utama · Kamis, 03 Oktober 2019 - 19:26:00 WIB
Lobi-Lobi Alot, Muzani Konsultasi soal Posisi Ketua MPR kepada Prabowo
Calon Ketua MPR dari Fraksi Partai Gerindra, Ahmad Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019). (Foto: iNews.id/Felldy Utama)

JAKARTA, iNews.id - Calon Ketua MPR dari Fraksi Partai Gerindra, Ahmad Muzani berkonsultasi dengan Ketua Dewan Pembina sekaligus Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Konsultasi itu usai Muzani melakukan lobi-lobi fraksi partai politik dan kelompok DPD yang berjalan alot terkait pemilihan ketua MPR periode 2019-2024.

Dia menceritakan, lobi-lobi yang digelar tertutup itu, mayoritas fraksi mendukung pemilihan ketua MPR dilakukan secara musyawarah mufakat. Fraksi Partai Gerindra sebenarnya sepakat dengan usulan tersebut. Namun, yang menjadi persoalan siapa sosok yang akan ditetapkan sebagai ketua MPR lewat musyawarah.

"Kalau mekanisme musyawarah mufakat kita dipaksa untuk menyetujui ketua yang bukan kita ingin, kan itu soal. Maka kami pun tetap ingin bahwa ketua MPR diajukan oleh Fraksi Partai Gerindra. Kalau itu mau dilakukan dengan cara mekanisme musyawarah untuk mufakat, kami setuju. Tapi jika ini tidak dikehendaki ya kita voting saja," kata Muzani selepas lobi-lobi, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Dia mengatakan, harus melaporkan hasil lobi-lobi kepada rapat Fraksi Partai Gerindra dan juga menyampaikan kepada Prabowo Subianto yang memberikan mandat untuk menjadi Ketua MPR.

"Karena itu, rapat memberi waktu kepada Fraksi Gerindra untuk menyampaikan berita dan kabar ini, situasi dan perkembangan ini, kepada Partai Gerindra untuk mengomunikasikan kepada ketua dewan pembina dan kepada seluruh anggota Fraksi Partai Gerindra," ujar Muzani.

Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra, Habiburokhman membenarkan pada sore ini Muzani langsung bertemu Prabowo di kediamannya, Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan. Dalam pertemuan ini, Muzani didampingi Ketua Fraksi MPR Ahmad Riza Patria dan Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad.

Dalam pertemuan itu, Prabowo akan mendengar pendapat dari Muzani Cs. "Jadi pendapat tersebut dielaborasi Pak Prabowo, lalu keluarlah perintah," ujar Habiburokman.

Anggota DPR terpilih ini menegaskan, apapun yang menjadi perintah Prabowo akan langsung dibawa ke dalam sidang paripurna MPR dengan agenda penetapan pimpinan MPR sekaligus menentukan Ketua MPR. Rencannya, rapat digelar pukul 19.00 WIB malam ini.

Editor : Djibril Muhammad

Bagikan Artikel: