Lokasi Patung Buddha Berbaring Termegah di Indonesia, Ada yang Terbesar Ketiga di Dunia

Rilo Pambudi ยท Jumat, 20 Mei 2022 - 14:10:00 WIB
Lokasi Patung Buddha Berbaring Termegah di Indonesia, Ada yang Terbesar Ketiga di Dunia
Lokasi Patung Buddha Berbaring Termegah di Indonesia (Foto: Youtube Ajisoko Channel)

JAKARTA, iNews.id - Lokasi patung Buddha berbaring termegah di Indonesia perlu diketahui. Selain sakral, patung Buddha berbaring di Indonesia juga menjadi tempat wisata religi.

Patung Buddha tidur termegah tak hanya dijumpai di Thailand atau Myanmar saja. Ada patung Buddha berbaring di Indonesia yang masuk jajaran terbesar di dunia.

Tak hanya dikunjungi oleh umat Buddha, masyarakat non Buddha juga bisa menyaksikan dan menikmati kemegahan patung-patung tersebut. Tak perlu jauh-jauh ke Thailand, berikut ini adalah 5 patung Buddha tidur termegah di Indonesia yang dilansir iNews.id, Rabu (5/18/2022).

Lokasi Patung Buddha Berbaring Termegah di Indonesia:

1. Vihara Buddha Dharma 8 Pho Sat - Bogor

Patung Buddha berbaring termegah yang lokasinya cukup dekat dari Jakarta ada di Vihara Buddha Dharma 8 Pho Sat, Desa Tonjong, Tajur Halang, Bogor. 

Patung Buddha tidur tersebut berukuran cukup besar dengan memiliki panjang 18 meter dan tinggi 3,75 meter.

Patung Buddha berbaring di vihara ini menggambarkan Sang Buddha sedang mengenakan pakaian berwarna emas dengan lambang Swastika di dadanya. 

2. Vihara Dhammadipa Arama - Batu

Lokasi patung Buddha berbaring selanjutnya terletak di dalam Vihara Dhammadipa Arama, Batu, Malang. Karena Kota Batu telah menjadi kota pariwisata, lokasi patung Buddha tidur ini juga menjadi destinasi wisatawan.

Beragamnya wisatawan yang berkunjung ke lokasi patung Buddha tidur di Vihara Dhammadipa Arama menjadi potret indahnya toleransi antar umat beragama.

3. Vihara Buddhagaya Watugong - Semarang 

Selain terkenal dengan pagoda yang megah, Vihara Buddhagaya Watugong di Semarang juga memiliki patung Buddha berbaring.

Wisatawan yang berkunjung akan menjumpai patung Buddha tidur yang cukup megah. Posisi patung menggambarkan Sang Buddha Parinibbana sedang tidur di bawah dua pohon sala. Sementara di bagian depan patung, terdapat tempat untuk berdoa.

4. Vihara Dharma Giri - Bali

Bali dikenal sebagai pulau yang didominasi oleh umat Hindu. Meski begitu, Bali mempunyai satu-satunya vihara besar di daerah Tabanan bernama Vihara Dharma Giri.

Awalnya, vihara tersebut dibangun untuk tempat ibadah. Karena terdapat patung Buddha berbaring yang besar, vihara itu kini juga dibuka untuk lokasi wisata. Patung Buddha berbaring itu memiliki warna putih yang cerah seolah melambangkan kesucian yang dimiliki patung tersebut.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: