Lukas Enembe Hanya Diperiksa 1,5 Jam, KPK: Terhenti karena Tersangka Mengaku Sakit

Ariedwi Satrio ยท Sabtu, 05 November 2022 - 10:46:00 WIB
Lukas Enembe Hanya Diperiksa 1,5 Jam, KPK: Terhenti karena Tersangka Mengaku Sakit
Gubernur Papua Lukas Enembe (kaos biru) hanya diperiksa selama 1,5 jam oleh KPK. (Foto : iNews/Omega B)

JAKARTA, iNews.id - KPK melakukan pemeriksaan terhadap Gubernur Papua, Lukas Enembe (LE) hanya selama 1,5 jam. Pemeriksaan terhadap tersangka kasus korupsi itu terbilang singkat.

Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri menjelaskan pemeriksaan Lukas Enembe di Jayapura, Papua oleh tim penyidik KPK memang terpaksa harus dihentikan. Sebab, Lukas saat itu mengeluh soal kondisi kesehatannya. Lukas mengaku sakit saat sedang dimintai keterangan.

"Pemeriksaan oleh penyidik KPK terhadap tersangka LE baik sebagai saksi maupun tersangka telah dilakukan. Namun terhenti karena tersangka mengaku sakit," kata Ali Fikri, Sabtu (5/11/2022).

Penyidik tidak serta merta langsung menghentikan pemeriksaan terhadap Lukas Enembe. Penyidik KPK kemudian meminta tim dokter independen dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk memeriksa kondisi Lukas Enembe.

"Kemudian dilakukan pemeriksaan oleh dokter KPK dan IDI serta didampingi dokter pribadi. Mereka kemudian sepakat pemeriksaan dihentikan," ucapnya.

Ali menegaskan dihentikannya pemeriksaan terhadap Lukas Enembe saat itu sudah sesuai aturan hukum.

"Sesuai dengan KUHAP maupun penghormatan terhadap HAM bila tersangka maupun saksi sakit tentu penyidik tidak bisa memaksakan pemeriksaan," ujarnya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda