Ma'ruf Amin Tepis Kabar Kakinya Terkilir karena Terpleset

Aditya Pratama · Kamis, 06 Desember 2018 - 19:04 WIB
Ma'ruf Amin Tepis Kabar Kakinya Terkilir karena Terpleset

KH Ma'ruf Amin membantah kakinya terkilir karena terjatuh atau terpeleset. (Foto: iNews.id/Aditya Pratama)

JAKARTA, iNews.id – Calon wakil presiden nomor urut 01, KH Ma’ruf Amin, mengklarifikasi kabar yang menyebutkan kakinya terkilir karena terjatuh atau terpleset, sehingga harus istirahat dari kampanye Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 beberapa waktu lamanya.

Ma’ruf mengatakan, kakinya sebenarnya sudah lama terkilir saat menjalani sejumlah agenda safari dalam rangkaian kampanye pilpres ke berbagai daerah. Namun bukannya istirahat, dia malah terus melanjutkan kampanye dan tidak berhenti sejenak dari aktivitasnya yang padat.

“Oleh dokter, kemudian saya disarankan istirahat beberapa waktu supaya kaki yang terkilir itu bisa pulih. Saya sebenarnya bukan sakit, tidak ada. Apalagi diceritakan saya masuk rumah sakit karena jatuh di kamar mandi, stroke itu, tidak ada,” ujar Ma’ruf di kediamannya, Jalan Situbondo Nomor 12 Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (6/12/2018).

Walaupun kondisi kakinya terkilir, mantan rais aam PBNU itu tetap menerima tamu yang silih berganti mengunjungi kediamannya. Bahkan, di antara tamu yang datang itu, ada delegasi yang menyatakan dukungan kepada dirinya bersama calon presiden Joko Widodo (Jokowi).

BACA JUGA: Terpeleset, Kaki Cawapres Ma'ruf Amin Terkilir

“Ada yang deklarasi, ada yang dari relawan-relawan. Ada kelompok Gema Jamin, Gerakan Masyarakat Jokowi Ma’ruf Amin. Ada alumni (Universitas) al-Azhar datang ke sini juga. Ada relawan Sukabumi. Kemudian juga dari Kadin (Kamar Dagang dan Industri Indonesia) menemui saya di sini. Jadi saya tidak pernah berhenti berkomunikasi karena saya tidak bisa ke daerah untuk sementara. Istirahatkan diri sesuai dengan saran dokter. Jadi sebenarnya saya enggak sakit,” ungkapnya.

Sebelumnya, putri Ma’ruf Amin, Siti Ma’rifah, membenarkan bahwa kaki ayahnya terkilir karena terjatuh. “Ya betul,” kata dia saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (4/12/2018) lalu.

Menurut Ma’rifah, kondisi kaki ayahnya sudah membaik. Dia mengatakan, Ma’ruf tetap menjalani kegiatannya menerima tamu di kediamannya, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat. “Alhamdulillah sudah lebih baik. Kegiatan menerima tamu-tamu tetap berjalan di rumah (Jalan) Situbondo,” ujar dia.

Adapun berdasarkan agenda yang diterima wartawan, beberapa hari terakhir Ma’ruf memang jarang melakukan kampanye keluar kota. Pasangan Jokowi itu belakangan lebih banyak menerima tamu dan relawan di kediamannya di Menteng.


Editor : Ahmad Islamy Jamil